. Air Yang Tidak Membuat Basah
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

23 November, 2009

Air Yang Tidak Membuat Basah




Kebakaran bisa menimpa siapa saja tanpa memandang bulu, bisa orang kaya, orang miskin. Pemukiman jarang penduduk apalagi pemukiman padat penduduk.
Apa yang anda lakukan pada saat kebakaran terjadi ? tentunya anda akan dengan sesegera mungkin memadamkan api yang berkobar dengan menyemprotkan air plus memanggil petugas kebakaran untuk membantu anda.

Tapi bagai pisau bermata dua satu sisi kita bisa memadamkan api dengan menyempotkan air sebanyak-banyaknya pada api, sisi lain yang tidak kalah merugikan adalah kita juga tidak bisa menyelamatkan barang-barang elektronik yang tidak terbakar karena akan ikut rusak karena air yang kita semprotkan itu, surat surat berharga yang tidak ikut terbakar akan menjadi basah kuyup, buku-buku kesayangan kita akan basah juga menambah panjang kerugian yang kita terima pasca kebakaran..ya semuanya basah.

Air yang sangat berguna bagi kehidupan kita ini ternyata mempunyai sifat yang sedikit tidak kita inginkan yaitu bisa membuat basah apa saja yang terkena ditambah air bisa menghantarkan arus listrik sehingga bisa merusak barang elektronik yang terkena air.

Sebenarnya ini adalah masalah ‘sederhana’ bagi kita, tapi kita pikirkan bagaimana jika terjadi pada sebuah perusahaan dengan banyak barang elektronik seperti komputer, juga terjadi pada sebuah perpustakaan yang ‘mengharamkan’ buku koleksinya terkena air ? bahkan moseum penyimpanan barang-barang kuno pun sedikit kewalahan dengan hal ini pasalnya instalasi kebakaran yang mereka bangun kebanyakan menggunakan air sebagai media memadamkan air . walaupun tidak terbakar maka akan basah.


Dari hal itu semua, mendorong ilmuwan dari Tyco`s Fire and Security Division Amerika untuk meneliti dan menemukan bahan kimia baru yang memiliki sifat dan bentuk menyerupi air namun memiliki satu keistimewaan yaitu tidak membuat basah. Dari hasil penelitian para ilmuwan berhasil menemukan senyawa yang diberi nama Sapphire dengan nama dagang NovecTM 1230, bahan kimia ini dipublikasikan kepada publik tanggal 13 April 2004 pada saat acara "Tuesday`s Good Morning America" di New York oleh salah seorang perwakilan dari Tyco`s Fire and Security

Didemonstrasikan oleh perwakilan dari Tyco`s dengan memasukkan beberapa benda ke tangki berisi Sapphire saat acara live "Good Morning America". Buku-buku yang dicelupkan tidak basah dan alat-alat elektronik tidak ada yang rusak. Benda-benda yang dicelupkan ke dalam cairan tersebut langsung kering dalam hitungan detik dan tidak menunjukkan adanya efek samping, kata Charles Gibson dan Diane Sawyer dari Good Morning America yang turut menyaksikan demonstrasi tersebut.
Zat ini memiliki seluruh sifat air termasuk kemampuan dalam memadamkan api, namun perbedaannya zat ini tidak merusak benda-benda yang biasanya disebabkan oleh air. Sapphire diciptakan sebagai bagian dari sistem pemadam kebakaran dalam gedung di mana cairan ini akan disemprotkan secara otomatis melalui sistem penyiram air pada gedung (building`s sprinkle system) saat kebakaran terdeteksi. Dengan kemampuan tersebut, diharapkan Sapphire dapat melindungi berbagai macam artefak dan koleksi sehingga dapat digunakan di museum, perpustakaan, dan berbagai tempat cagar budaya. Berbagai penelitian sebelumnya sebenarnya sempat menghasilkan zat yang memiliki sifat mirip dengan Sapphire, namun cairan pemadam kebakaran tersebut ternyata memiliki sifat merusak lapisan ozon sehingga hasilnya ditinggalkan karena tidak ramah lingkungan.

Pada kondisi normal ruangan, Sapphire bersifat cair, tidak berwarna, hampir tidak berbau, dan tidak berbahaya jika digunakan sesuai dengan aturannya.

Novec 1230 memiliki sifat fotolitik-sensitif terhadap sinar matahari yang artinya dapat terdegradasi oleh sinar matahari sehingga harus disimpan dalam kondisi tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sifat ini menyebabkan Novec 1230 bersifat ramah lingkungan karena begitu terkena sinar matahari Novec 1230 akan langsung terurai.

Jadi dengan ditemukannya Novec 1230 diharapkan dapat menjadi solusi bagi kita pada saat terjadi kebakaran karena barang yang tidak terbakar akan tetap selamat serta tidak basah dan rusak.

1 komentar:

alat pemadam api on 24 Juli 2012 10.57 mengatakan...

wah bisa ga kwatir elektronik rusak klo gini..nice info mas.memang kita mesti butuh alat pemadam seperti itu.

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment