. Tips Sehat Keluarga Kami
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

25 November, 2009

Tips Sehat Keluarga Kami




Kita sebagai seorang yang hidup serba modern tentu menempatkan kesehatan sebagai prioraitas dalam hidup ini dan jika kita sakit sudah tentu kita langsung pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Tapi sebenarnya yang terpenting bagi kta adalah menjaga kesehatan itu sendiri sebelum kita jatuh sakit, jadi tidak perlu repot ke dokter jika kita tetap sehat.

Seorang tetangga saya menanyakan pada saya bagaimana cara agar kita tetap sehat terutama menjaga kesehatan anak yang masih balita, maklum anak saya yang baru berusia 10 bulan selama ini baru mengalami sakit demam 2 kali dan itupun tidak lama hanya satu hari saja dan besoknya sudah sehat kembali. Ditambah kami sebagai orang tua selama ini tidak pernah terlihat sakit.
Saya sebagai seorang yang sangat memperhatikan kesehatan dan mengusung konsep Back to Nature sudah sejak lama dan sedikit ‘phobia’ terhadap dokter tapi bukan berarti benar-benar tidak mempercayai dokter, toh kalo sakit yang serius larinya kedokter juga ( Semoga saja tidak akan terjadi ). Atau pada saat istri melahirkan maka dokter juga yang menangani. Mempunyai beberapa tips agar kita tetap sehat dan terlihat energik.
Berikut tips keluarga kami :

1. kami selalu membiasakan meminum madu sebelum dan sesudah bangun tidur.
Kita semua sudah tahu manfaat dari madu ini selain karena sangat menyehatkan badan, minum madu merupakan sunah nabi yang baik untuk dilaksanakan.
Usahakan madu yang kita minum adalah benar-benar asli. Bagi saya membeli madu di agen yang terpercaya merupakan kunci utama apakah madu itu asli atau tidak.

2. kami membiasakan untuk tidak makan malam, bukan berarti tidak makan malam tapi makan malam kami selalu diusahakan sebelum waktu Maghrib atau sebelum pukul 18.00. ini juga bukan berarti kami tidak pernah makan malam tetapi makan malam paling telat yaitu 2-4 jam sebelum tidur itu akan lebih baik karena makanan yang masuk ke tubuh sudah selesai dicerna. jika sering makan malam dikhawatirkan akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang ujung-ujungnya rentan akan penyakit diabetes dan jantung

3. tidak tidur terlalu larut malam.
Ini juga kami lakukan setiap hari. Kami tidur maksimal pukul 21.00 diharapkan akan mudah bangun subuh atau sepertiga malam nanti jadi tidak terlalu sulit untuk bangun.
Menurut dunia kedokteran, tidur terlalu larut malam dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit hati terutama kanker hati yang sulit untuk dideteksi dan sulit untuk ditangani

4. jika diantara kami sakit, kami tidak langsung pergi ke dokter untuk berobat tapi kami mengusahakan terlebih dahulu dengan obat-obatan ‘dapur’ bukan obat warung yang banyak dijual.
Selain obat-obatan ‘dapur’ mudah untuk didapat, juga sangat efektif jika kita tahu cara memanfaatkannya. Sebagai contoh ketika anak saya demam saya tidak langsung pergi ke dokter tetapi memberinya air kelapa muda ditambah dengan sesendok madu kemudian di kukus selama kira-kira 10 menit, setelah dingin diminumkan sebanyak 5 sendok makan sekali diulangi setiap 2 jam samapi suhu badannya turun. Alhamdulillah esok hari anak saya sudah normal kembali.
Selain mudah didapat obat ‘dapur’ ini tidak mempunyai efeksamping seperti obat-obatan kimia lainnya.
Silahkan cari resep-resep obat tradisional yang menggunakan bahan dari apa yang ada di dapur kita di mbah google pasti sangat bermanfaat.

5. untuk anak saya, saya selalu memberinya madu khusus anak serta diberi estrak pegagan yang kami buat sendiri.
Pegagan adalah sebuah tanaman liar mirip rumput. sangat baik dijadikan sebagai bahan imunisasi alami, pegagan dapat meningkatkan sistem imunitas anak juga dapat meningkatkan daya ingat bagi anak serta dapat membantu proses interaksi dalam otak sehingga dapat meningkatkan kepintaran anak. Untuk pegagan insya Allah saya akan bahas di posting selanjutnya.

Kemudian hal-hal lain yang kami lakukan adalah dengan menjaga kebersihan rumah tentunya, bagaimana bisa sehat kalau tempat tinggal kita saja kotor ?. dan selalu minum Habbatussauda ( Jintan hitam ) jika dirasa badan kurang fit, manfaatnya sangat banyak silahkan cari di mbah google.

Dari semua yang kami lakukan itu Alhamdulillah saya, istri dan anak selalu sehat dan jangan lupa berdoa minta kesehatan juga kepada Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment