. Ajaklah Anak Anda Berenang
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

24 November, 2009

Ajaklah Anak Anda Berenang



Untuk para orang tua termasuk saya yang mempunyai seorang puteri cantik dengan usia baru menginjak 10 bulan tentu menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati terutama untuk tumbuh kembangnya, beragam cara kita tempuh untuk yang terbaik baginya dari menjaga kesehatannya sampai mengajarkannya berbagai macam ‘permainan’ yang bisa merangsang gerak motorik anak dengan harapan anak akan menjadi sehat secara fisik serta mental dan mempunyai intelegensia yang tinggi.

Hanya sekedar sharing saja, saya dan istri sering mengajak anak bermain diluar terutama taman yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang ini diharapkan akan membuat anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta lebih sehat dengan menghirup udara luar yang bersih tidak seperti dirumah, ditambah lagi dengan adanya halaman yang lebih luas menjadikan anak lebih senang bermain terutama belajar berjalan, maklum anak saya sedang belajar untuk berjalan walau umurnya baru 10 bulan.
Kemarin saya dan istri merencanakan akhir pekan ini yang kebetulan kami akan merayakan hari raya Iedul Adha untuk berlibur bersama karena tidak bisa pulang kampung jadi ya…liburan ke tempat yang dekat saja biar waktunya cukup.

Disela-sela obrolan kami terlintas dibenak saya untuk mengajak mereka berenang saja di tempat yang tidak begitu jauh dari rumah dan mengajak putri kami untuk ikut bersama berenang, tapi istri saya kurang setuju karena anak kami masih kecil dia takut putri kami ini akan sakit.
Kemudian setelah saya cari informasi lebih jauh ternyata berenang itu sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, walaupun bayi anda dibawah 3 bulan.
Menurut penelitian di Australia, anak yang diajarkan berenang sejak dini akan mempunyai IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yng tidak diajarkan berenang atau anak yang diajarkan berenang diatas umur lima tahun.

Penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa sebenarnya bayi lebih gampang diajarkan berenang dibanding dengan orang dewasa pasalnya bayi sangat menyukai bermain air. Selain itu bayi yang baru lahir hingga usia dibawah tiga bulan bisa langsung nyemplung kedalam air tanpa takut tenggelam , karena pada usia tersebut, ia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. “Refleks melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggenggam dan refleks berjalan

Jadi, bila kita meletakkan bayi usia di bawah 3 bulan di dalam air, secara otomatis ia akan menggerak-gerakkan kakinya sehingga tidak akan tenggelam. Bisa dikatakan, pada usia di bawah 3 bulan bayi sudah bisa berenang dengan gaya primitif. Bukan berarti setelah usia tersebut, bayi tak bisa berenang lagi walau refleksnya sudah menghilang, ia tetap bisa melakukan gerakan berenang dengan gerakan acak.

Bukankan selama diperut ibu hingga lahir bayi sudah berenang dalam air ketuban ? jadi setelah lahir kita hanya meningkatkan kemampuanya berenang saja bahkan diluar negeri ada proses melahirkan yang dilakukan didalam air.
Yang terpenting disaat bayi berenang adalah bayi harus merasa senang, aman dan tanpa paksaan serta menjadi sarat mutlak untuk orang tua agar selalu mendampinginya, jadi berenang bareng dengan orang tua akan membuat anak menjadi lebih senang, anak akan menjadi sehat, kedekatan antara orang tua dan anak akan semakin terjaga.

Masalah yang kedua adalah perhatikan kondisi air apakah bersih atau tidak, tapi untuk di Jakarta seperti saya sulit rasanya mencari kolam renang yang bebar-benar bersih karena air yang di kolam renang hanya itu-itu saja jarang diganti hanya saja di bersihkan menggunakan filter air serta kaporit. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini pasalnya untuk bayi diatas 6 bulan tidak akan memberikan efek yang berarti, tapi bagi bayi di bawah 6 bulan dikhawatirkan air kolam akan terminum oleh bayi dan menyebabkan bayi anda sakit perut karena pencernaan bayi yang belum sempurna. Jadi disarankan agar berenangya dirumah saja, tidak harus punya kolam renang dirumah kok, pakai bak yang besar juga bisa atau jika anda mempunyai bath tub itu lebih baik

Waktu yang terbaik bagi anak untuk berenang adalah antara pukul 09-10 pagi agar suhu air tidak terlalu dingin juga tidak panas. Untuk anda yang baru mulai mengajak anak untuk berenang cobalah dengan sedikit demi sedikit jangan langsung menceburkan anak kedalam air , mulailah dengan menyentuhkan kakinya ke air kemudian menyipratkan air ke muka serta badannya, jika anak kira-kira sudah siap maka ajaklah secara perlahan anak anda untuk turun ke air, ini bertujuan agar suhu tubuh anak akan beradaptasi terlebih dahulu dengan air jadi tidak langsung kedinginan karena suhu air sudah tentu lebih dingin dari suhu tubuh.
Berenang yang baik untuk bayi tidak usah terlalu lama hanya sekitar 10-15 menit saja sudah cukup agar mengurangi resiko anak anda demam setelah berenang terkecuali jika anda sudah sering mengajak anak anda berenang itu tergantung kondisi dari anak anda, jadikanlah berenang sebagai ajang rekreasi bagi anda dan keluarga.

Jadi demi kesehatan badan dan reflek motorik anak ayo kita ajak anak kita untuk berenang.



0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment