. Ternyata Banyak Mainan Yang Berbahaya
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

21 Desember, 2009

Ternyata Banyak Mainan Yang Berbahaya



Senang rasanya melihat bayi kita bermain dengan boneka kesayangannya atau dengan mainannya yang lucu-lucu seperti boneka, mobil-mobilan atau yang lainnya karena selain dapat membuat anak senang, mainan ini diharapkan akan lebih mempercepat proses pertumbuhan dan pola fikir anak karena mereka bisa berimajinasi dengan mainan tersebut sesuai imajinasi mereka sendiri, tentunya ini dapat menjadi stimulasi yang positif untuk  tumbuh kembang otak mereka.

Sebagai orang tua, kita tentunya sangat senang membelikan mainan tersebut. Tapi tahukah anda bahwa mainan yang dijual bebas terutama mainan yang berasal dari negara China sebenarnya banyak yang berbahaya bagi tumbuh kembang anak kita bahkan dapat mengancam keselamatan nyawa anak-anak.
Pada awal bulan ini sebuah Public Research di Amerika bernama New York Public Interest Research Group (NYPIRG) mengeluarkan laporan bahwa mainan lucu seperti boneka anak anjing atau sejenisnya dapat mengancam keselamatan anak-anak karena menurut penelitian mereka bahan yang digunakan untuk membuat mainan ini mengandung zat-zat kimia berbahaya seperti Merkuri, Brom, timah bahkan arsenik yang sangat beracun. Juga ditemukan beberapa mainan yang mampu mengeluarkan suara yang tinggi dan dikhawatirkan akan mengganggu pendengaran pada anak.

Menurut (NYPIRG), ditemukan sebanyak 18% mainan mengandung timah dan 3% mengandung timah diatas 300ppm dengan angka standar kandungan timah internasional adalah 300ppm, bahkan sebenarnya seberapapun kandungan timahnya tetap berbahaya bagi anak-anak ( terutama mainan yang di cat ) karena dapat menurunkan tingkat IQ serta dapat menyebabkan masalah pada prilaku anak.
Selanjutnya 42% mainan mengandung PVC yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker.
Kemudian diketahui beberapa mainan juga mengandung ftalat, yaitu zat kimia yang digunakan untuk melembutkan plastik dengan kata lain kemungkinan mainan dengan bahan dasar plastik lembut mengandung zat kimia ftalat ini yang dapat membahayakan kesehatan anak juga.

Selain beracun, beberapa mainan juga sangat berbahaya karena bentuknya seperti kalung mainan yang dapat mencekik leher anak, kemudian bola-bola yang ukurannya lebih kecil dari bola Golf dapat membuat anak tersedak, juga beberapa mainan yang dapat membuat anak terluka karena tajam dan runcing.
Jadi saran saya jika anda ingin membelikan sebuah mainan bagi buah hati anda, anda harus benar benar meneliti keamanan dari mainan tersebut terutama yang berasal dari Negara china agar buah hati anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, mulai dari kandungan kimia mainan tersebut ( jika bisa ) sampai bentuk dan tingkat kebisingan suara yang ditimbulkan dari mainan tersebut.

2 komentar:

Gotblogger on 21 Desember 2009 21.16 mengatakan...

Wah, serem juga yah kalo ga hati2 tar anak2 yang jadi korbannya Ck3 .

EKIE NORMAN FAUZI on 23 Desember 2009 15.53 mengatakan...

makany kita harus hati-hati membelikan anak-anak mainan sob...

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment