. Donor Darah
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

14 Desember, 2009

Donor Darah


Hari ini begitu absen pagi masuk kantor, diatas mesin absen terdapat sebuah pengumuman yang ditempel berbunyi : ‘ Bagi seluruh karyawan yang bersedia untuk DONOR DARAH, ditunggu kedatangannya hari senin tanggal 14 Desember 2009 Pukul 09.00 sampai 12.00 di lantai tiga PT.*** ‘
Dan ditutup dengan kalimat ‘ Setetes Darah anda nyawa bagi sesama ‘.

Begitu baca langsung ingat hari senin itu kan hari ini terus saya yang baru 2 kali ikut donor darah sedikit ragu soalnya baru saja kemarin sore baca berita bahwa harga darah untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya akan naik rata-rata Rp.50.000,-. Wah jadi mikir dua kali nih untuk donor, sebenarnya kita yang donor secara sukarela tidak dapat apa-apa ( hanya beberapa snack ) tapi kok harga darah bisa begitu mahalnya padahal yang membutuhkan darah itu kan bukan Cuma orang kaya saja tapi banyak dari mereka yang membutuhkan adalah orang yang kurang mampu, apa semua ini sebuah trik mendapatkan keuntungan yang lebih banyak bagi rumah sakit atau karena biaya untuk donor darah ini cukup tinggi misal saja untuk kantong-kantong darah atau untuk test lab. darah itu ? saya tidak tahu.

Tapi terlepas dari itu semua, saya tetap yakin bahwa jika saya mendonorkan darah maka akan ada jiwa yang terselamatkan dari darah itu dengan kata lain berbuat baik itu tidak usah berfikir yang macam-macam, kalo ingin berbuat baik maka lakukanlah.

" Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri ( QS Al Isra ayat 7 )
  
Jadi pasti ada hikmah yang dapat dipetik dari setiap apa yang kita kerjakan terutama berbuat baik.
Selain itu semua yang saya tahu donor darah itu sebenarnya bukan hanya untuk menolong mereka yang membutuhkan darah tetapi dapat menjadikan kita yang mendonorkan darahnya akan menjadi sehat karena darah yang telah diambil akan tergantikan dengan darah yang baru, ini menjadikan tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar. Ditambah akan mendapat pahala tentunya karena kita telah berbuat baik untuk sesama.
Di lihat dari kacamata agama, donor darah itu Halal hukumnya selama orang yang mendonorkan darahnya tidak menjual darah tersebut ( menetapkan harga atas darah tersebut ) serta tidak mendatangkan bahaya bagi pendonor.
 
Selain dapat menggantikan darah sehingga darah kita akan segar kembali, donor darah juga bisa menambah nafsu makan kita juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
Jadi bagi anda yang belum pernah donor darah, janganlah rau lagi. Ayo donorkan darah kita untuk kemaslahatan bersama.
 
"Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya." ( QS Al Maidah ayat 32 )


3 komentar:

Dhana/戴安娜 on 15 Desember 2009 14.43 mengatakan...

salam sahabat
wah bagus banget artikelnya memberikan sebuah inspirasi,seperi layaknya ''khoirunnas anfauhum linnas/manusia yg baik adalah manusia yang mampu berbuat baik/bermanfaat buat manusia lainnya''
siip thnxs n good luck ya

Gotblogger on 16 Desember 2009 22.12 mengatakan...

Makasih banget atas artikel yang bermanfaat ini ^^ memang darah sangat diperlukan. Oleh karena itu kita sebagai orang yang punya kelebihan darah setidaknya menyumbangkannya kepada yang kurang / membutuhkan.

Local Download on 17 Desember 2009 07.16 mengatakan...

hidup itu untuk berbagi, jadi secuil darah pun kita berbagi dapat menolong orang banyak ^^

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment