. Daya Serap Gizi Dalam Telur
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

02 Desember, 2009

Daya Serap Gizi Dalam Telur



Rasanya jarang sekali orang yang tidak suka makan telur terkecuali mereka yang alergi terhadap telur, karena telur merupakan sumber protein tinggi dengan harga yang murah serta sangat beragam pemanfaatannya mulai dari digoreng telur mata sapi sampai dibuat berbagai makanan seperti kue dan cemilan.
Mudah untuk mengolahnya dan juga sangat bergizi Kandungan lesitin kalsium dalam kuning telur, trigliserin minyak telur, kolestrol dan protein unsur dasar kuning telur sangat berguna bagi pertumbuhan badan dan sistem syaraf, bisa memperlambat kemunduran daya pikir bagi para manula.

Tapi tahukah anda bahwa gizi dalam telur ternyata mempunyai daya serap berbeda tergantung dari cara memasaknya sebagai contoh telur yang direbus memiliki persentasi daya serap sebesar 100%, telur dadar sebesar 97%, telur yang digoreng ringan (goreng setengah matang) sebesar 98%, telur yang digoreng kering sebesar 81%, menggunakan air atau susu yang mendidih lalu dituangkan telur kedalamnya adalah sebesar 92,5%, dan terakhir telur yang dimakan mentah memiliki presentasi 30%-50%.
Jadi cara mengolah yang paling baik untuk telur adalah dengan cara direbus tetapi pada saat anda memakannya harus dikunyah sampai lembut terlebih dahulu.

Untuk anak-anak dan manula, mengolah telur dengan cara di tim adalah yang paling cocok karena protein dalam telur ini terlarut dan lebih mudah untuk diserap.
Jumlah konsumsi telur yang baik untuk dewasa dengan pekerjaan yang menggunakan otak atau pekerja ringan adalah 2 butir tiap hari, tapi untuk yang bekerja menggunakan fisik yang berat boleh makan lebih banyak dari itu.

Anak-anak dan remaja yang masih dalah tahap pertumbuhan juga boleh makan telur sebanyak 2 butir sehari karena dalam masa ini pertukaran metabolisme dalam tubuh berlangsung sangat cepat.
Jadi semua orang boleh makan telur termasuk ibu yang baru melahirkan atau pasien pasca operasi yang membutuhkan asupan protein tinggi, tapi dalam mengkonsumsi telur tetap tidak boleh berlebihan karena kadar kolesterol telur terbilang tinggi yaitu sekitar 300 miligram sedangkan anjuran maksimum konsumsi kolesterol dalam sehari adalah 213 miligram

2 komentar:

Muchlisin on 2 Desember 2009 14.36 mengatakan...

Info yang berguna bagi kesehatan kita

Trustco Gresik on 2 Desember 2009 14.37 mengatakan...

Terima kasih informasinya.

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment