. Nyamuk-Nyamuk Nakal :-)
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

28 Januari, 2010

Nyamuk-Nyamuk Nakal :-)



Siapa yang tidak kenal dengan nyamuk, seekor binatang kecil yang terbang ini selalu mengganggu kita terutama menjelang dan pada saat tidur, ditambah lagi jika nyamuk menggigit akan selalu meninggalkan jejak berupa bentol yang gatal. Bukan hanya bentol dan gatal saja, nyamuk juga dapat menjadi perantara penyebaran bibit penyakit diantaranya yang paling sering kita dengar adalah malaria, demam berdarah dan kaki gajah yang akhir-akhir ini sering kita dengar menyerang sejumlah penduduk di indonesia.

Sebenarnya apa yang dicari oleh nyamuk tersebut dalam darah kita, apakah darah kita ini merupakan makanan nyamuk…?

Jawabannya adalah nyamuk membutuhkan protein yang larut dalam darah untuk pembentukan telur mereka karena mereka tidak mendapatkan protein dari makanan yang dimakan, nyamuk memakan sari bunga atau madu yang miskin akan protein, oleh karena itu hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah manusia, burung atau hewan lainnya yang mempunyai darah. karena nyamuk jantan tidak bertelur, maka mereka ini tidak membutuhkan darah, dengan kat lain nyamuk jantan tidak akan menghisap darah, buktinya adalah bentuk dari sungut nyamuk jantan yang berbeda dengan nyamuk betina.
Pada nyamuk betina, sungutnya mempunyai bentuk yang sesuai untuk menembus kulit dan menghisap darah korbannya sedangkan pada nyamuk jantan, bentuk sungutnya tidak sesuai untuk menembus kulit dan menghisap darah.

Kadang-kadang kita merasa aneh jika misalkan kita sedang tidur atau menonton TV bersama beberapa orang lainnya, ada orang yang lebih disukai oleh nyamuk dengan kata lain ada orang yang lebih banyak diserang oleh nyamu sementara yang lainnya tidak. Jadi sebenarnya apa yang membuat nyamuk memilih dan menentukan targetnya…?

Seorang pakar kimia ekologi bernama Walter Leal menemukan jawabannya. Ia menemukan bahwa nyamuk akan memilih orang atau target yang mengeluarkan suatu zat yang bernama Nonanal dari dalam tubuhnya. Semakin banyak nonanal dikeluarkan oleh tubuh, maka semakin tertariklah nyamuk untuk menghisap darahnya karena sebenarnya nonanal ini di keluarkan oleh tubuh dalam jumlah yang berbeda-beda pada setiap individu.

Nyamuk sangat sulit dibasmi atau diusir karena nyamuk sangat mudah beradaptasi dan cepat menjadi kebal terhadap racun. Banyak produk sudah diciptakan untuk mengusir nyamuk dan rata-rata menggunakan bahan kimia DEET ( Diethyl-meta-toluamide ) yang ternyata tidak baik bagi tubuh karena menurut penelitian dari ilmuwan menyebutkan bahwa DEET dapat menyebabkan kerusakan pada otak. Ada pula berbagai produk yang berupa alat untuk membunuh nyamuk seperti raket listrik dan mosquito trap, namun efektivitas dari alat-alat ini masih diragukan.

Oleh karena itu sangatlah bijak jika kita menggunakan cara-cara tradisional sebagai salah satu cara mengusir nyamuk diantaranya adalah seperti yang kita kenal dengan program “ 3 M “ yang di galakkan oleh pemerintah.
Selain itu juga masih ada beberapa Zat yang aman untuk mengusir nyamuk secara alami, berikut diantarannya :

  • Minyak Kedelai
Minyak kedelai diyakini sama efektifnya dengan DEET namun memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah tidak berbahaya bagi tubuh juga dapat menjadikan kulit halus jika di oleskan

  • Minyak Lavender
Selain untuk aroma therapy karena baunya yang harum, minyak lavender ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk

  • Catnip
Adalah sejenis tumbuhan harum yang dipercaya memiliki kekuatan 10 kali lipat lebih baik daripada DEET

  • Citronella
Salah satu yang dikenal sangat efektif dalam mengusir nyamuk selain itu juga dapat melembabkan kulit.

Jika anda mau memakannya, maka bawang putih ini sangat efektif untuk mengusir nyamuk karena aroma bawang putih akan keluar melalui kulit anda sehingga nyamuk tidak akan suka pada anda, tapi anda harus siap dengan bau badan yang akan segera menyerang anda.

Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara alami untuk mengusir nyamuk tergantung bagaimana kita mau melakukannya, apakah kita masih bergantung pada produk pabrikan yang terbuat dari bahan kimia juga berbahaya bagi tubuh atau segera beralih ke cara-cara tradisional dan tidak berbahaya.

Setiap menulis artikel selalu saja ada yang lupa, termasuk saat menulis artikel ini….:-). Yang hampir terlewatkan adalah saya sendiri masih menggunakan cara lama untuk mengusir nyamuk atau setidaknya terhindar dari nyamuk terutama pada saat tidur, cara yang saya gunakan saat ini adalah dengan menggunakan kain kelambu untuk menutup area tempat kami tidur ( kasur ). Walaupun terdengar jadul Cara ini saya rasa sangat efektif untuk mencegah kita digigit oleh nyamuk, selain itu kelambu tidak berbahaya seperti halnya DEET atau obat nyamuk bakar dan semprot juga dapat menghemat pengeluaran saya tentunya.. :-) ada yang tertarik..?


Img Source : tabloid-nakita.com

6 komentar:

Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC on 29 Januari 2010 06.22 mengatakan...

Kata temenkusih.. itung-itung bagi rizki lau digigi nyamuk. Hehe....

gamat gold-G on 4 Mei 2011 12.38 mengatakan...

benert juga tuh , nyamuk yang bikin kita gak bisa tidur gan, makasih banyak buat infonya , salam kenal aja gan

Online shopping books, electronics, cameras, cellphones, video games & more. Free shipping available on 25 Juli 2011 18.31 mengatakan...

Nyamuk bikin pusing gan,,,

Shopping online USA on 16 Januari 2012 06.16 mengatakan...

Nyamuk memang nakal,,,

rab sleeping bags on 30 Maret 2012 17.16 mengatakan...

That is funny...

kamera cctv on 1 Agustus 2012 12.25 mengatakan...

harus siapkan obat anti ngamuk gan biar ga di gigitin pas kita lagi istirahat.
nice info nya gan.

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment