. Kelebihan Garam
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

25 Maret, 2010

Kelebihan Garam


Seandainya Anda bisa memilih diantara kedua hal ini: mati muda akibat sakit jantung atau stroke atau mengurangi kadar garam pada makanan. Keputusan ini mungkin mudah bagi kebanyakan orang. Namun biasanya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Saat ini, banyak paket makanan yang mengandung banyak garam. Situasi ini tidak akan berubah sepanjang produsen yakin konsumen cukup bodoh dan tidak dapat membaca daftar tabel yang mereka cantumkan.
Mengapa penduduk Amerika Utara mengonsumsi begitu banyak garam? Industri makanan baru-baru ini menyampaikan pada komite pemerintahan bahwa masyarakatlah yang patut disalahkan. Mereka mengatakan bahwa masyarakat sangat ketagihan garam dan tidak dapat menerima ‘rasa’ produk yang kadar garamnya lebih rendah. Namun ini omong kosong.
Pada 2004, Badan Makanan Inggris mengumumkan kampanye kesehatan utama, yang bertajuk Know Your Numbers (Kenali Jumlah Anda, www.food.gov.uk/news/newsarchive/2004/sep/saltcampaignews). Itu merupakan salah satu usaha untuk memberi sinyal pada konsumen bahwa mereka (membutuhkan lebih sedikit) garam setiap hari.
Cara itu berhasil, dan saat ini ada penurunan yang signifi kan dalam jumlah garam yang dikonsumsi di Inggris.
Finlandia juga memiliki kampanye agresif untuk membatasi konsumsi garam selama hampir 30 tahun. Konsumsi garam telah dikurangi hingga 35 persen, menghasilkan penurunan hingga 80 persen risiko terkena stroke.
Stephen Havas, profesor bidang epidemiologi dan pengobatan pencegahan di Universitas Maryland, mengatakan jumlah kematian akibat kelebihan garam berpadanan dengan pesawat jet yang berlalu lalang di Amerika Serikat, dan oleh karena itu masyarakat harus waspada.
Saat ini tekanan darah tinggi merupakan penyebab tertinggi kematian di dunia. Diperkirakan 25 persen bangsa Amerika Utara menderita hipertensi. Studi menunjukkan bahwa satu dari dua orang Kanada berusia lebih dari 65 tahun adalah penderita hipertensi.
Di Amerika Serikat, Studi Jantung Framingham menyatakan bahwa pada usia 75 tahun, sembilan dari sepuluh orang menderita tekanan darah tinggi. Dan jika menderita hipertensi, Anda memiliki risiko meninggal akibat serangan jantung dan stroke.
Hipertensi ibarat meniupkan terlalu banyak udara ke dalam sebuah roda. Pembuluh darah yang pecah di otak menyebabkan stroke. Jantung juga harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Hal inilah mengapa gagal jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Seperti sebuah roda, jika melampaui batas, jantung akhirnya gagal bekerja.
Garam mudah untuk meresap tanpa kita mengetahuinya. Misalnya, seperempat pon keju produk McDonald mengandung 1.100 mg garam, sandwich daging babi dan keju dengan mustard mengandung 2.340 mg garam.
Sayangnya, McDonald’s dan semua rangkaian produk cepat saji saat ini memiliki salad buah yang mengandung 60 sampai 80 mg garam. Untuk mengurangi asupan garam, Anda mesti belajar untuk menjadi konsumen yang pandai. Baca labelnya.
Jika Anda berbelanja, sempatkan untuk membandingkannya dengan merek lain. Anda akan dikejutkan dengan perbedaan jumlah garam yang dikandungnya.
Hipertensi adalah pembunuh tanpa suara karena Anda tidak mampu melihat atau merasakan kehadirannya. Satu-satunya cara untuk mendiagnosa penyakit ini adalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin.
Bagi industri makanan yang mengatakan bila konsumen Amerika Utara tidak memiliki kesadaran akan kesehatan dan tidak bersedia menerima pengurangan garam pada produk-produk makanan adalah asumsi yang arogan.
Namun Anda boleh bertaruh industri makanan akan menggunakan berbagai cara untuk menunda penurunan garam pada produk makanannya.
Solusinya? Konsumen harus mengetahui jumlah garam. Otoritas kesehatan seharusnya memberi batas waktu pada industri makanan untuk menyingkirkan kelebihan garam. Pesawat jet yang lalu lalang setiap hari akan memerlukan perhatian.

Source :
Epochtimes

8 komentar:

obat maag on 21 Desember 2010 11.09 mengatakan...

wah pertamak ni,,, waduh gan kalo kebanyakan garam asin donk jahahh

Pengobatan alami on 7 Januari 2011 21.00 mengatakan...

Thanks atas artikelnya gan,, lagi butuh artikel kesehatan nih....

obat alami batu ginjal on 12 Februari 2011 11.14 mengatakan...

terima kasih gan buat artikelnya mantap banget gan,, salam kenal aja gan

obat dan penyakit on 27 September 2011 06.36 mengatakan...

infonya bermanfaat skali...

obat herbal diabetes mellitus on 12 Oktober 2011 09.16 mengatakan...

berarti saya harus mengurangi makanann yang asin-asin,,..

Cara cepat mengobati gagal ginjal on 12 Oktober 2011 09.17 mengatakan...

teerus bagaimna dengan kekurangan garam??apakah ada dampaknya

rab sleeping bags on 30 Maret 2012 17.12 mengatakan...

I know it, This is kelebitan Garam, it is dangerous for human body sometimes.

pemadam api on 1 Agustus 2012 12.51 mengatakan...

harus di sesuaikan juga penggunaannya sob.
nice artikel

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment