. Mabuk Air Putih
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

26 Januari, 2010

Mabuk Air Putih



Anda pernah mendengar istilah Mabuk Air Putih..? mungkin beberapa dari anda sudah tahu mengenai istilah ini tapi saya yakin beberapa dari anda juga belum mengetahuinya karena istilah yang sering kita dengar adalah mabuk minuman beralkohol seperti bir, wiski ataupun minuman sejenisnya tapi ternyata air putih pun bisa membuat kita mabuk.

Seperti pada mabuk yang lainnya, mabuk air juga terjadi akibat terlalu banyaknya minum air yang melebihi kebutuhan tubuhnya dalam sehari atau dengan kata lain jauh melebihi 8 gelas perhari seperti yang direkomendasikan oleh dokter. Terlalu banyak minum air putih ternyata mempunyai efek yang sangat merugikan bagi tubuh kita pasalnya dengan bertambahnya jumlah air yang kita minum maka air tersebut akan melarutkan nutrisi dalam tubuh kita sehingga konsentrasi nutrisi tersebut akan berkurang dan akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Dari kondisi ketidakseimbangan elektrolit ini akan mempengaruhi pada berkurangnya konsentrasi ion natrium atau disebut dengan hiponatremia sehingga kelebihan air harus diserap oleh tubuh dimana hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada sel-sel tubuh terutama pada bagian otak serta tekanan dalam tubuh pun menjadi meningkat.

Tekanan tubuh yang semakin meningkat dapat meningkatkan resiko pendarahan pada occipal lobe ( otak besar bagian depan ) dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Hiponatremia ekstrem dapat menyebabkan kematian atau koma. Namun jika hal ini dapat dengan segera ditangani dengan baik maka hiponatremia ekstrem ini dapat di obati dengan memberikan cairan infus yang mengandung elektrolit untuk menyeimbangkan konsentrasi elektrolit dalam tubuh, tapi jika tidak segera ditangani dengan baik maka kematian akan menjemput.

Seperti seorang Jennifer Strange yang meninggal setelah mengikuti kontes minum terbanyak tanpa pergi ke toilet untuk buang air kecil di wilayah California Amerika Serikat. Menurut otopsi dari dokter yang menanganinya terungkap bahwa Ms Strange meninggal karena terlalu banyak minum dalam waktu singkat.

Selain kematian, resiko lain yang pernah dialami oleh seorang wanita di Taiwan berusia 26 tahun yang menjadi buta karena terlalu banyak minum air putih, ia mengungkapkan selama tiga bulan terakhir telah rutim minum air putih sebanyak 7 liter sehari atau 3,5 kali lipat lebih banyak dari yang dianjurkan oleh dokter dengan harapan dapat menjadi solusi untuk memperlancar detoxifikasi dalam tubuhnya, namun akibatnya wanita ini tiba-tiba jatuh pingsan dan setelah siuman ia kehilangan penglihatannya. Menurut dokter yang menanganinya, wanita tersebut mengalami pendarahan pada bagian otak yang menjadi pusat pemrosesan visual yang berisi visual cortex karena kelebihan tekanan dalam otaknya…

Ternyata sungguh mengerikan akibat yang ditimbulkan dari terlalu banyaknya kita minum air putih.
Pertanyaanya sekarang adalah seberapa banyak kita membutuhkan air putih dalam satu hari agar tidak dehidrasi ( kekurangan cairan ) karena kurang minum juga tidak mengalami hiponatremia karena kelebihan minum air putih ?

Jawabannya adalah dengan menggunakan rumus dibawah ini :

Air ( Liter ) = Berat Badan ( Kg ) x 0.033

Contohnya adalah jika berat badan anda 60 Kg, maka jumlah air ( dalam Liter ) yang dibutuhkan dalam satu hari adalah 60 x 0.033 = 1.98 Liter

Oh iya satu lagi hampir lupa, sampai sekarang belum ada standar dari kedokteran yang menyebutkan bahwa seberapa banyak minum air putih yang diperlukan untuk seseorang bisa di katakan berlebihan dalam minum air putih. walaupun demikian, yang terpenting bagi kita adalah sesuatu yang berlebihan itu selalu tidak baik…tul gak..?

"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

9 komentar:

rumah blogger on 27 Januari 2010 13.26 mengatakan...

tapi kata dokter sih setiap hari harus minum air putih 8 gelas, mana yg benar ya??(garuk-garuk kepala)

sabirinnet on 27 Januari 2010 13.27 mengatakan...

kebutuhan air putih memang sangat diperlukan tubuh, kalau tubuh kurang cairan malah sangat berbahaya lagi, kira2 begitu sih

EKIE NORMAN FAUZI on 27 Januari 2010 13.45 mengatakan...

sebenarnya rekomendasi dari dokter untuk minum 8 gelas ( 2liter ) air putih perhari itu sudah benar, and yang dimaksud dengan mabuk air itu adalah minum melebihi kebutuhan air harian seperti contoh diatas yang minum sampai 7 liter perhari, begitu maksudnya...

Rock on 29 Januari 2010 02.32 mengatakan...

Aku suka minum air putih drpd minum air yang lain...

ardianz on 3 Februari 2010 08.28 mengatakan...

siip., artikel yang benar2 bermanfaat bro., gw pribadi adalah seorang yang serign minum air putih., karena gw jgua perokok, so, biar ada detoksifikasinya, minimal gw 2 liter per hari., nice info sob

kokoko mengatakan...

klo minum jng tanggung2 biar bebas dr penyakit,

minimal 2 drum sehari, jd gak akan kekurangan cairan.
tp klo gak muat ya lngsung mati

gitu aj ko repot !

dokter itu kadang juga ngawur menurut presepsinya sndiri

rab sleeping bags on 30 Maret 2012 17.17 mengatakan...

Maybe is pure water.

brankas gunnebo on 1 Agustus 2012 12.26 mengatakan...

cocok untuk yang biasa di depan komputer gan

surya maulana on 15 Mei 2017 14.26 mengatakan...

baru dengar klau air putih bikin mabuk

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment