. November 2009
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

30 November, 2009

Alhamdulillah Beres Juga...


Alhamdulillah hari ini beres juga ganti template dengan menggunakan template Black Nero dari http://www.ipietoon.com , makasih buat http://www.ipietoon.com templatenya sangat saya suka.
Sebenernya sudah lama pengen ganti template sih tapi belum nemu yang cocok dan pas sama keinginan, terus pas iseng-iseng lihat footer template blog orang lain eh nemu http://www.ipietoon.com jadi di klik dan ternyata templatenya keren-keren.

Awalnya sayang juga sih ganti template yang dulu soalnya hasil jerih payah sendiri, hasil modif dari template standarnya Blogger sampe bisa jadi begitu bernuansa hitam, tulisan hijau dan dengan header gambar bikinan sendiri walaupun keliatan norak banget tapi saya tetep suka.

Dorongan buat ganti template sebenernya gara-gara space yang menurut saya agak kurang, lebih banyak space yang gak bisa dimanfaatkan jadi untuk membuat berbagai widget agak sulit dalam hal penempatanya, jadi mau nggak mau harus ganti juga templatenya..hik..hik..

Dengan template dari http://www.ipietoon.com ini saya merasa puas juga karena space yang ada lebih banyak dan maksimal dalam pemanfaatannya dan yang paling penting adalah sesuai dengan keinginan diri saya.

Maaf masih banyak yang agak acak-acakan maklum masih harus belajar banyak dari para suhu-nya blogger.
lanjuut...

Ironi Ditengah Iedul Adha


Alhamdulillah kemarin kita baru saja merayakan hari Raya Iedul Adha, dimana orang-orang yang melaksanakan ibadah haji sedang melakukan wukuf di padang Arafah, kita yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji merayakannya dengan memotong kurbain baik berupa unta, sapi atau kambing.

Saya melihat dari tahun ketahun jumlah hewan yang dikurbankan semakin bertambah, ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi kita karena umat muslim yang mampu dan mau untuk berkurban tentunya bertambah pula. Tapi satu hal yang membuat saya sedih di tahun ini ketika melihat tayangan televisi menyiarkan banyak berita mengenai pembagian daging kurban yang KACAU diberbagai daerah seperti kita semua tahu di mesjid Istiqlal yang kita banggakan sebagai ‘Icon’ pusat islam di Indonesia juga terjadi kakacauan ini.


Kira-kira sejak pukul empat subuh, orang-orang yang berharap daging kurban ini sudah datang, semakin siang maka jumlah orang pun semakin banyak karena menurut panitia kurban akan dibagikan setelah shalat subuh.
Begitu pembagian daging kurban dibuka, ribuan warga langsung merangsek kedepan saling dorong dan saling berebut agar cepat-cepat kabagian daging,mereka tidak ingin pulang dengan tangan hampa tidak peduli itu orang tua atau anak-anak yang mengantri menjadi korban terjepit ditangah-tengah kerumunan masa.

Panitia mengumumkan bahwa daging kurban yang di bagikan sudah habis, tapi sebagian orang tetap tidak percaya dan tetap saja antri serta berdesak-desakan walaupun berulang kali panitia menyerukan bahwa memang daging yang dibagikn sudah benar-benar habis.
Banya yang kecewa, ratusan orang yang sudah ber jam-jam mengantri tidak kebagian, anak-anak, orang tua, fakir miskin banyak yang pulang dengan tangan hampa.
Miris melihat semua kejadian itu semua…
Sedih…

Tapi ini memang terjadi di negeri tercinta kita ini, negeri yang kaya raya dan dengan jumlah umat islam terbesar se dunia.

Sebenarnya fenomena apa di negeri kita ini ? seakan setaip ada hal yang berbau ‘gratis ‘ selalu saja diserbu banyak orang, kita masih ingat tentang pembagian zakat di Pasuruan yang seharusnya bisa meringankan beban para fakir miskin malah berubah menjadi maut bagi 21 orang yang mengantri, seakan tidak pernah belajar dari kejadian yang sebelumnya, kejadian ini terus terulang kembali dan kembali.

Sebenarnya siapa yang harus disalahkan ? apakah panitia yang salah dalam tata cara distribusi, ataukah semakin banyak warga kita yang semakin jatuh miskin, atau semakin RAKUS nya warga kita ini ?
Dari wawancara yang dilakukan oleh wartawan sebuah TV swasta terhadap warga yang ikut mengantri ternyata banyak warga yang datang dari luar daerah untuk ikut mengantri. Contohnya ketika pembagian daging kurban di istiqlal, seorang warga yang ikut mengantri mengaku berasal dari daerah bogor dan datang ke Istiqlal menggunakan Taksi. Sangat ironi, mengeluarkan ongkos taksi yang sudah tentu tidak sedikit hanya untuk mengantri satu kilo daging yang dibagikan panitia ditengah-tengah warga lain yang memang benar-benar membutuhkan.

Banyak diantara mereka mengantri menggunakan Helm, ini berarti banyak diantara mereka yang sudah mempunyai sepeda motor tapi kenapa masih ikut mengantri ? apakah mereka tidak tahu bahwa daging kurban itu hanya boleh dibagikan kepada kaum FAKIR MISKIN YANG BERAGAMA ISLAM ? ini satu lagi permasalahan yang sangat sulit untuk dicari solusinya menurut saya. Orang-orang yang tidak berhak untuk mendapatkan jatah daging kurban ikut mengantri meminta jatah. Tidakkah mereka khawatir akan memakan jatah orang-orang fakir miskin yang lebih berhak ?

Daging kurban juga dibagikan hanya untuk umat islam, yang non-islam tidak boleh menerimanya, ditengah kerumunan masa yang sangat banyak itu apakah panitia bisa memastikan bahwa mereka semua beragama islam, bukankah menurut pendapat ulama jika kita salah memberikan daging kurban kepada non-islam maka kita dituntut untuk mengganti sebanyak yang diberikan itu ? lantas bagaimana panitia memastikan yang mengantri tidak ada yang non-islam nya ?

Sungguh ironi ditengah perayaan idul Adha yang di agung kan oleh umat islam sebagai sarana mempererat silaturahmi antara orang-orang yang mempunyai kelapangan dalam rezeki dengan orang dengan kesempitan rezeki

Sebagai solusi dari saya yang sedih melihat kondisi seperti ini adalah dengan dibentuk panitia-panitia yang lebih profesional, dibentuk pemetaan-pemetaan penyaluran yang lebih akurat agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi dimasa yang akan datang, kriteria orang yang berhak menerima daging kurban atau Zakat sudah jelas di jelaskan oleh Al-Quran, hadist Nabi dan pendapat para ulama. Serta usahakan agar mereka yang berhak menerima hak-haknya itu agar tidak mengantri karena mereka sudah susah, ditambah susah pula mengantri, jadi adalah kita yang harus menyalurkan langsung kepada mereka disamping akan tepat sasaran, juga sebagai sarana mempererat silaturahmi. Sebagai contoh yang dilakukan oleh saudara kita di Rumah Zakat dengan programnya Super Zakat, ini sangat positif, kita lihat adakah kekacauan disana ? adakah antrian panjang ? tentu tidak.

hanya sebuah tulisan ungkapan kesedihan dari orang yang melihat kondisi umat islam saat ini terutama di negeri tercinta ini. Mohon maaf jika ada kesalahan.
lanjuut...

26 November, 2009

EcoButton



Review sebuah produk unik lagi seperti posting sebelumnya mengenai ‘ jam beker yang bisa berlari’, kali ini saya menemukan sebuah situs yang menjual alat unik juga namanya EcoButton.

Alat ini berfungsi untuk menghemat energi pada pc anda ketika anda tidak menggunakannya, ketika anda menelpon atau ada keperluan yang lain tentunya pc yang anda gunakan tetap menyala, ini akan menimbulkan konsumsi listrik yang digunakan semakin besar ditambah mode Screen Saver yang dapat mengurangi konsumsi listrik pc pada saat digunakan rata-rata di setting 15 menit kemudian aktiv, ini juga belum maksimal dalam mengurangi konsumsi listrik pasalnya CPU tetap dalam kondisi menyala walaupun Idle.

EcoButton menggunakan teknologi baru yang jika diaktivkan maka pc anda akan langsung masuk menu Ecomode dimana daya lisrik yang digunakan hampir sama pada saat anda melakukan Shutdown pada pc.
Bedanya yaitu pada kondisi Ecomode, jika pc akan digunakan kembali tidak usah menunggu lama langsung menyala seperti biasa tidak seperti saat pc anda Shutdown maka untuk menyalakannya lagi dibutuhkan waktu yang sedikit lama dan membosankan.

EcoButton yang mempunyai harga sekitar Rp. 150.000 ini mempunyai bentuk yang sangat menarik perhatian kita , jadi kita tidak akan lupa untuk menekan tombolnya karean untuk masuk pada kondisi Ecomode, tombol yang unik ini harus di tekan dahulu, begitu juga jika akan dinyalakan kembali.

Ecobutton juga dilengkapi dengan Software yang dapat menghitung berapa banyak penghematan yang telah kita lakukan dari sisi penggunaan listrik serta berapa banyak uang yang kita hemat juga dapat menghitung berapa banyak reduksi CO2 ( Karbon Dioksida ) yang kita hemat.

Benar-benar unik menurut saya untuk mengurangi pemanasan global mulai dari diri kita sendiri, jadi mari selamatkan bumi ini dengan menggunakan EcoButton sebagai penghemat konsumsi beban listrik.
lanjuut...

UFO ( Piring Terbang ) telah Diciptakan




Fenomena UFO memang selalu ramai dibicarakan, beragam pendapat muncul mengenai UFO ini, ada yang pro, kontra ada pula yang acuh tak acuh mengenai masalah ini.
Coba kita bayangkan seandainya kita sedang melihat ke langit tiba-tiba muncul sebuah pesawat yang mempunyai bentuk mirip dengan piring terbang, apa yang akan kita katakan ? itu adalah UFO atau kita yang salah melihat ? kita sudah pasti kaget dibuatnya.
Tapi satu hal yang sangat mungkin di masa yang akan datang adalah kita akan menjadi terbiasa dengan hal-hal seperti itu, melihat piring terbang yang melayang-layang diudara bahkan mungkin lebih dari satu buah.

Hal ini Karena Harbin Smart Special Aerocraft, suatu perusahaan Tiongkok sudah mengembangkan piring terbang yang bisa mengangkut beban yang kecil. Dengan menggunakan baling-baling sederhana, ’piring terbang’ tersebut dapat terbang dengan bahan bakar Metanol. ’Piring terbang’ ini dapat terbang hingga ketinggian 92 meter pada kecepatan 250 km/jam dan dapat mengudara selama 40 menit.


Piring Terbang Karya Harbin Smart Special Aerocraft

Perusahaan itu membutuhkan waktu 12 tahun untuk mengembangkan proyek ini dan sudah menghabiskan dana sebesar US $41 juta. Mungkin cepat atau lambat Amerika atau Rusia juga akan mengembangkan pesawat ruang angkasa yang lebih baik dan tentu saja, dapat mengakomodasi manusia juga

Jadi dimasa yang akan datang kita tidak usah kaget lagi melihat piring terbang dan menganggapnya sebagai UFO.
lanjuut...

25 November, 2009

Tips Sehat Keluarga Kami




Kita sebagai seorang yang hidup serba modern tentu menempatkan kesehatan sebagai prioraitas dalam hidup ini dan jika kita sakit sudah tentu kita langsung pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Tapi sebenarnya yang terpenting bagi kta adalah menjaga kesehatan itu sendiri sebelum kita jatuh sakit, jadi tidak perlu repot ke dokter jika kita tetap sehat.

Seorang tetangga saya menanyakan pada saya bagaimana cara agar kita tetap sehat terutama menjaga kesehatan anak yang masih balita, maklum anak saya yang baru berusia 10 bulan selama ini baru mengalami sakit demam 2 kali dan itupun tidak lama hanya satu hari saja dan besoknya sudah sehat kembali. Ditambah kami sebagai orang tua selama ini tidak pernah terlihat sakit.
Saya sebagai seorang yang sangat memperhatikan kesehatan dan mengusung konsep Back to Nature sudah sejak lama dan sedikit ‘phobia’ terhadap dokter tapi bukan berarti benar-benar tidak mempercayai dokter, toh kalo sakit yang serius larinya kedokter juga ( Semoga saja tidak akan terjadi ). Atau pada saat istri melahirkan maka dokter juga yang menangani. Mempunyai beberapa tips agar kita tetap sehat dan terlihat energik.
Berikut tips keluarga kami :

1. kami selalu membiasakan meminum madu sebelum dan sesudah bangun tidur.
Kita semua sudah tahu manfaat dari madu ini selain karena sangat menyehatkan badan, minum madu merupakan sunah nabi yang baik untuk dilaksanakan.
Usahakan madu yang kita minum adalah benar-benar asli. Bagi saya membeli madu di agen yang terpercaya merupakan kunci utama apakah madu itu asli atau tidak.

2. kami membiasakan untuk tidak makan malam, bukan berarti tidak makan malam tapi makan malam kami selalu diusahakan sebelum waktu Maghrib atau sebelum pukul 18.00. ini juga bukan berarti kami tidak pernah makan malam tetapi makan malam paling telat yaitu 2-4 jam sebelum tidur itu akan lebih baik karena makanan yang masuk ke tubuh sudah selesai dicerna. jika sering makan malam dikhawatirkan akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang ujung-ujungnya rentan akan penyakit diabetes dan jantung

3. tidak tidur terlalu larut malam.
Ini juga kami lakukan setiap hari. Kami tidur maksimal pukul 21.00 diharapkan akan mudah bangun subuh atau sepertiga malam nanti jadi tidak terlalu sulit untuk bangun.
Menurut dunia kedokteran, tidur terlalu larut malam dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit hati terutama kanker hati yang sulit untuk dideteksi dan sulit untuk ditangani

4. jika diantara kami sakit, kami tidak langsung pergi ke dokter untuk berobat tapi kami mengusahakan terlebih dahulu dengan obat-obatan ‘dapur’ bukan obat warung yang banyak dijual.
Selain obat-obatan ‘dapur’ mudah untuk didapat, juga sangat efektif jika kita tahu cara memanfaatkannya. Sebagai contoh ketika anak saya demam saya tidak langsung pergi ke dokter tetapi memberinya air kelapa muda ditambah dengan sesendok madu kemudian di kukus selama kira-kira 10 menit, setelah dingin diminumkan sebanyak 5 sendok makan sekali diulangi setiap 2 jam samapi suhu badannya turun. Alhamdulillah esok hari anak saya sudah normal kembali.
Selain mudah didapat obat ‘dapur’ ini tidak mempunyai efeksamping seperti obat-obatan kimia lainnya.
Silahkan cari resep-resep obat tradisional yang menggunakan bahan dari apa yang ada di dapur kita di mbah google pasti sangat bermanfaat.

5. untuk anak saya, saya selalu memberinya madu khusus anak serta diberi estrak pegagan yang kami buat sendiri.
Pegagan adalah sebuah tanaman liar mirip rumput. sangat baik dijadikan sebagai bahan imunisasi alami, pegagan dapat meningkatkan sistem imunitas anak juga dapat meningkatkan daya ingat bagi anak serta dapat membantu proses interaksi dalam otak sehingga dapat meningkatkan kepintaran anak. Untuk pegagan insya Allah saya akan bahas di posting selanjutnya.

Kemudian hal-hal lain yang kami lakukan adalah dengan menjaga kebersihan rumah tentunya, bagaimana bisa sehat kalau tempat tinggal kita saja kotor ?. dan selalu minum Habbatussauda ( Jintan hitam ) jika dirasa badan kurang fit, manfaatnya sangat banyak silahkan cari di mbah google.

Dari semua yang kami lakukan itu Alhamdulillah saya, istri dan anak selalu sehat dan jangan lupa berdoa minta kesehatan juga kepada Allah SWT.
lanjuut...

24 November, 2009

Ajaklah Anak Anda Berenang



Untuk para orang tua termasuk saya yang mempunyai seorang puteri cantik dengan usia baru menginjak 10 bulan tentu menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati terutama untuk tumbuh kembangnya, beragam cara kita tempuh untuk yang terbaik baginya dari menjaga kesehatannya sampai mengajarkannya berbagai macam ‘permainan’ yang bisa merangsang gerak motorik anak dengan harapan anak akan menjadi sehat secara fisik serta mental dan mempunyai intelegensia yang tinggi.

Hanya sekedar sharing saja, saya dan istri sering mengajak anak bermain diluar terutama taman yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang ini diharapkan akan membuat anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta lebih sehat dengan menghirup udara luar yang bersih tidak seperti dirumah, ditambah lagi dengan adanya halaman yang lebih luas menjadikan anak lebih senang bermain terutama belajar berjalan, maklum anak saya sedang belajar untuk berjalan walau umurnya baru 10 bulan.
Kemarin saya dan istri merencanakan akhir pekan ini yang kebetulan kami akan merayakan hari raya Iedul Adha untuk berlibur bersama karena tidak bisa pulang kampung jadi ya…liburan ke tempat yang dekat saja biar waktunya cukup.

Disela-sela obrolan kami terlintas dibenak saya untuk mengajak mereka berenang saja di tempat yang tidak begitu jauh dari rumah dan mengajak putri kami untuk ikut bersama berenang, tapi istri saya kurang setuju karena anak kami masih kecil dia takut putri kami ini akan sakit.
Kemudian setelah saya cari informasi lebih jauh ternyata berenang itu sangat baik untuk tumbuh kembang bayi, walaupun bayi anda dibawah 3 bulan.
Menurut penelitian di Australia, anak yang diajarkan berenang sejak dini akan mempunyai IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yng tidak diajarkan berenang atau anak yang diajarkan berenang diatas umur lima tahun.

Penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa sebenarnya bayi lebih gampang diajarkan berenang dibanding dengan orang dewasa pasalnya bayi sangat menyukai bermain air. Selain itu bayi yang baru lahir hingga usia dibawah tiga bulan bisa langsung nyemplung kedalam air tanpa takut tenggelam , karena pada usia tersebut, ia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. “Refleks melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggenggam dan refleks berjalan

Jadi, bila kita meletakkan bayi usia di bawah 3 bulan di dalam air, secara otomatis ia akan menggerak-gerakkan kakinya sehingga tidak akan tenggelam. Bisa dikatakan, pada usia di bawah 3 bulan bayi sudah bisa berenang dengan gaya primitif. Bukan berarti setelah usia tersebut, bayi tak bisa berenang lagi walau refleksnya sudah menghilang, ia tetap bisa melakukan gerakan berenang dengan gerakan acak.

Bukankan selama diperut ibu hingga lahir bayi sudah berenang dalam air ketuban ? jadi setelah lahir kita hanya meningkatkan kemampuanya berenang saja bahkan diluar negeri ada proses melahirkan yang dilakukan didalam air.
Yang terpenting disaat bayi berenang adalah bayi harus merasa senang, aman dan tanpa paksaan serta menjadi sarat mutlak untuk orang tua agar selalu mendampinginya, jadi berenang bareng dengan orang tua akan membuat anak menjadi lebih senang, anak akan menjadi sehat, kedekatan antara orang tua dan anak akan semakin terjaga.

Masalah yang kedua adalah perhatikan kondisi air apakah bersih atau tidak, tapi untuk di Jakarta seperti saya sulit rasanya mencari kolam renang yang bebar-benar bersih karena air yang di kolam renang hanya itu-itu saja jarang diganti hanya saja di bersihkan menggunakan filter air serta kaporit. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini pasalnya untuk bayi diatas 6 bulan tidak akan memberikan efek yang berarti, tapi bagi bayi di bawah 6 bulan dikhawatirkan air kolam akan terminum oleh bayi dan menyebabkan bayi anda sakit perut karena pencernaan bayi yang belum sempurna. Jadi disarankan agar berenangya dirumah saja, tidak harus punya kolam renang dirumah kok, pakai bak yang besar juga bisa atau jika anda mempunyai bath tub itu lebih baik

Waktu yang terbaik bagi anak untuk berenang adalah antara pukul 09-10 pagi agar suhu air tidak terlalu dingin juga tidak panas. Untuk anda yang baru mulai mengajak anak untuk berenang cobalah dengan sedikit demi sedikit jangan langsung menceburkan anak kedalam air , mulailah dengan menyentuhkan kakinya ke air kemudian menyipratkan air ke muka serta badannya, jika anak kira-kira sudah siap maka ajaklah secara perlahan anak anda untuk turun ke air, ini bertujuan agar suhu tubuh anak akan beradaptasi terlebih dahulu dengan air jadi tidak langsung kedinginan karena suhu air sudah tentu lebih dingin dari suhu tubuh.
Berenang yang baik untuk bayi tidak usah terlalu lama hanya sekitar 10-15 menit saja sudah cukup agar mengurangi resiko anak anda demam setelah berenang terkecuali jika anda sudah sering mengajak anak anda berenang itu tergantung kondisi dari anak anda, jadikanlah berenang sebagai ajang rekreasi bagi anda dan keluarga.

Jadi demi kesehatan badan dan reflek motorik anak ayo kita ajak anak kita untuk berenang.



lanjuut...

23 November, 2009

Berilah Aku Petunjuk


melihat bintang, tak tertembus khayal
melihat hujan tak sanggup menampung
melihat pelangi aku tak tahan akan indahnya
sebenarnya apa yang aku cari ini ?
selembar khayal yang menjadi dusta ?
setaut koin diantara gelimang nista ?
atau mencari TANGAN yang sudah menuliskan jalan ini ?
tapi kemanakah akan kutempuh pertigaan ini ?
akankah kaki ini sampai untuk menggapai Nya
akankah Ia menerima diri ini yang telah bergumul dosa
mohon, aku mohon berilah aku setapak aliran sungai
yang akan membawaku bersimpuh dihadapanNya
dengan sauh keyakinan, dengan bahtera keimanan
mohon, aku mohon berilah aku segenggam kekuatan
hanya untuk memadamkan api nafsu dalam dada ini
aku mohon
aku...
harap...

berjuta pensil telah ku goreskan
melukis perjalanan ini
berjuta warna telah menghias
langkah-langkah ini
berjuta penghapus telah ku peras
menghapus jejak hidup ini


tapi mengapa jejak-jejak itu tetap turut
tetap ikut dalam perjalanan ini
jejak dosa, jejak sesal, jejak angkara, jejak nafsu
ahhh...aku bingung
akankah bisa ku lempar beban di kepala ini
agar bisa aku melangkah sejauh Engkau menerima tobat ini
akankah kupenggal saja leher ini sebagai persembahan pada Mu
mohon..mohon...berilah titik-titik bening Mu di hati ini
aku...
bersimpuh...

pada Mu...
menangis...
menyesal...
bertobat...
lanjuut...

Air Yang Tidak Membuat Basah




Kebakaran bisa menimpa siapa saja tanpa memandang bulu, bisa orang kaya, orang miskin. Pemukiman jarang penduduk apalagi pemukiman padat penduduk.
Apa yang anda lakukan pada saat kebakaran terjadi ? tentunya anda akan dengan sesegera mungkin memadamkan api yang berkobar dengan menyemprotkan air plus memanggil petugas kebakaran untuk membantu anda.

Tapi bagai pisau bermata dua satu sisi kita bisa memadamkan api dengan menyempotkan air sebanyak-banyaknya pada api, sisi lain yang tidak kalah merugikan adalah kita juga tidak bisa menyelamatkan barang-barang elektronik yang tidak terbakar karena akan ikut rusak karena air yang kita semprotkan itu, surat surat berharga yang tidak ikut terbakar akan menjadi basah kuyup, buku-buku kesayangan kita akan basah juga menambah panjang kerugian yang kita terima pasca kebakaran..ya semuanya basah.

Air yang sangat berguna bagi kehidupan kita ini ternyata mempunyai sifat yang sedikit tidak kita inginkan yaitu bisa membuat basah apa saja yang terkena ditambah air bisa menghantarkan arus listrik sehingga bisa merusak barang elektronik yang terkena air.

Sebenarnya ini adalah masalah ‘sederhana’ bagi kita, tapi kita pikirkan bagaimana jika terjadi pada sebuah perusahaan dengan banyak barang elektronik seperti komputer, juga terjadi pada sebuah perpustakaan yang ‘mengharamkan’ buku koleksinya terkena air ? bahkan moseum penyimpanan barang-barang kuno pun sedikit kewalahan dengan hal ini pasalnya instalasi kebakaran yang mereka bangun kebanyakan menggunakan air sebagai media memadamkan air . walaupun tidak terbakar maka akan basah.


Dari hal itu semua, mendorong ilmuwan dari Tyco`s Fire and Security Division Amerika untuk meneliti dan menemukan bahan kimia baru yang memiliki sifat dan bentuk menyerupi air namun memiliki satu keistimewaan yaitu tidak membuat basah. Dari hasil penelitian para ilmuwan berhasil menemukan senyawa yang diberi nama Sapphire dengan nama dagang NovecTM 1230, bahan kimia ini dipublikasikan kepada publik tanggal 13 April 2004 pada saat acara "Tuesday`s Good Morning America" di New York oleh salah seorang perwakilan dari Tyco`s Fire and Security

Didemonstrasikan oleh perwakilan dari Tyco`s dengan memasukkan beberapa benda ke tangki berisi Sapphire saat acara live "Good Morning America". Buku-buku yang dicelupkan tidak basah dan alat-alat elektronik tidak ada yang rusak. Benda-benda yang dicelupkan ke dalam cairan tersebut langsung kering dalam hitungan detik dan tidak menunjukkan adanya efek samping, kata Charles Gibson dan Diane Sawyer dari Good Morning America yang turut menyaksikan demonstrasi tersebut.
Zat ini memiliki seluruh sifat air termasuk kemampuan dalam memadamkan api, namun perbedaannya zat ini tidak merusak benda-benda yang biasanya disebabkan oleh air. Sapphire diciptakan sebagai bagian dari sistem pemadam kebakaran dalam gedung di mana cairan ini akan disemprotkan secara otomatis melalui sistem penyiram air pada gedung (building`s sprinkle system) saat kebakaran terdeteksi. Dengan kemampuan tersebut, diharapkan Sapphire dapat melindungi berbagai macam artefak dan koleksi sehingga dapat digunakan di museum, perpustakaan, dan berbagai tempat cagar budaya. Berbagai penelitian sebelumnya sebenarnya sempat menghasilkan zat yang memiliki sifat mirip dengan Sapphire, namun cairan pemadam kebakaran tersebut ternyata memiliki sifat merusak lapisan ozon sehingga hasilnya ditinggalkan karena tidak ramah lingkungan.

Pada kondisi normal ruangan, Sapphire bersifat cair, tidak berwarna, hampir tidak berbau, dan tidak berbahaya jika digunakan sesuai dengan aturannya.

Novec 1230 memiliki sifat fotolitik-sensitif terhadap sinar matahari yang artinya dapat terdegradasi oleh sinar matahari sehingga harus disimpan dalam kondisi tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sifat ini menyebabkan Novec 1230 bersifat ramah lingkungan karena begitu terkena sinar matahari Novec 1230 akan langsung terurai.

Jadi dengan ditemukannya Novec 1230 diharapkan dapat menjadi solusi bagi kita pada saat terjadi kebakaran karena barang yang tidak terbakar akan tetap selamat serta tidak basah dan rusak.
lanjuut...

20 November, 2009

Buah Ajaib ( Sirsak ) 10.000 Kali Lebih Efektif Dari Kemo




Anda menyukai buah sirsak ?
Buah yang mempunyai rasa asam manis dan khas ini mempunyai nama latin Annona muricata dikenal juga dengan nama nangka sabrang, nangka londo nangka buris atau srikaya jawa untuk di bali mempunyai buah yang agak besar dan kulit berduri lunak dengan warna hijau serta daging buah berwarna putih ternyata mempunyai khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita terutama untuk mengobati kanker.

Khasiat dari buah sirsak sebenarnya sudah lama diketahui oleh pakar dunia kedokteran Amerika .
Riset telah membuktikan bahwa pohon yang mereka sebut sebagai pohon ajaib ini ternyata dapat menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami tanpa rasa mual, berat badan turun , rambut riontok seperti yang terjadi pada pasien kemotherapy juga melindungi system kekebalan tubuh, mencegah infeksi serta meningkatkan energi pasien dengan penyakit kanker.

Sudah lebih dari 20 Laboratorium di Amerika melakukan test sejak tahun 1970-an dengan hasil diantaranya :
1. Secara effektive memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 type kanker yang berbeda, diantaranya kanker : Usus Besar, Payudara, Prostat, Paru-paru, dan Pankreas.
2. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan!
3. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selective hanya memburu dan membunuh
sel-sel jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel-sel sehat!

Tapi kenapa kita selama ini tidak tahu ?

Jawabannya sangat mudah yaitu sebuah perusahaan Farmasi besar di Amerika yang meneliti buah Sirsak ini telah mengucurkan dana milyaran dollar dan berhasil menemukan fakta bahwa buah yang dalam bahasa inggris disebut sebagai soursop ini terganjal oleh undang-undang Federal yang menyebutkan bahwa semua sumber bahan alami untuk obat adalah DILARANG dengan kata lain TIDAK BISA DIPATENT KAN.

Dengan permasalahan tersebut perusahaan berusaha untuk membuat bahan sintetis yang setara dengan buah sirsak ini, telah banyak dana yang dikeluarkan untuk riset dan aneka test dengan harapan akan mendapatkan hak paten dan keuntungan yang besar. Tapi semua usaha itu nol besar atau nihil atau gagal total sehingga perusahaan gigit jari karena buah sirsak ini tidak bisa untuk di ‘kloning’.

Hak paten yang akan didapat, semua keuntungan yang sudah terbayang semakin lama semakin redup dengan kegagalan yang mereka alami yang berimbas pada penghentian dari kegiatan riset tersebut dan yang lebih parah lagi, perusahaan berusaha untuk menutupi dan tidak mempublikasikan semua hasil dari riset mereka.

Setelah sekian lama terkubur bersama angan-angan perusahaan yang tidak punya hati itu akhirnya seorang ilmuan dari team riset yang tidak tega melihat masyarakat seakan-akan dipermainkan oleh perusahaannya kemudian mempertaruhkan karirnya untuk memutuskan membocorkan semua hasil riset yang mereka lakukan dengan menghubungi Ilmuwan yang biasa meneliti tentang tanaman obat di pedalaman hutan Amazon.

Dari sinilah kemudian berbondong –bondong berbagai perusahaan melakukan penelitian dan akhirnya mereka menyebutkan bahwa buah dari pohon Graviola ini sangat efektif untuk membunuh sel kanker bahkan 10.000 kali lipat efektifnya dibanding dengan kemotherapy.

Sebuah studi di Purdue University membuktikan bahwa daun Graviola mampu membunuh sel kanker secara effektive, terutama sel kanker: Prostat, Pankreas, dan Paru-paru

Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam Graviola,mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemotherapy

Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah: Graviola bisa menyeleksi memillih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu . Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel2 reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh Terapi Kemo, sehingga timbul effek negative: rasa mual dan rambut rontok.

Jadi tunggu apa lagi ? Mohon sebar luaskan hasil riset ini kepada keluarga, saudara , sahabat ataupun orang orang yang kita kasihi semoga menjadi sebuah kabar yang sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya
lanjuut...

Sajadah Untuk Menentukan arah Kiblat




Nyambung posting sebelumnya tentang cara mencari arah kiblat, kali ini ada satu lagi cara menentukan arah kiblat dengan cara yang sangat mudah tidak perlu menunggu waktu matahari tepat diatas Kabah atau dengan perhitungan yang lumayan rumit dan tidak semua orang mengerti.

Soner Ozenc lah yang telah menciptakan sebuah alat yang sangat kita nanti selama ini . sebuah alat unik untuk menentukan arah kiblat dengan sangat mudah dan semua orang pasti akan bisa menggunakannya, alat tersebut adalah sebuah sajadah yang bisa mengeluarkan cahaya.

Bagaimana cara kerjanya ?


Disinilah letak keunikan dari sajadah ini yaitu sajadah akan mengeluarkan cahaya, dan cahaya tersebut akan semakin terang apabila arah dari sajadah itu benar menghadap kiblat ( Mekah) dengan kata lain, semakin benar arah kiblatnya maka sajadah akan semakin terang mengeluarkan cahaya. Jadi sangat mudah bukan untuk menggunakannya sehingga kita tidak perlu bingung lagi menentukan arah kiblat dimanapun kita berada baik di dalam hotel atau pun di tempat lainnya…kapan ya produknya masuk ke Indonesia…kita tunggu saja
lanjuut...

19 November, 2009

Lampu Darah



Masih berbau horror dan darah seperti pada ‘Minuman Darah’ kali ini yang akan saya posting adalah mengenai ‘lampu darah’…

Seorang Designer bernama Mike Thompson telah menciptakan sebuah lampu yang dapat menghemat energi, lampu ini tidak menggunakan listrik, baterai ataupun bahan bakar jadi bisa irit kan..?


Uniknya lampu ini sesuai dengan namanya Blood Lamp atau ‘lampu darah’, lampu ini memerlukan sedikit dari darah anda untuk dapat membuatnya menyala…waw…


Lampu ini merupakan lampu darurat yang dapat menyala selama 24 jam dan hanya satu kali pakai tapi harus benar-benar menggunakan darah anda yang masih segar.

Caranya adalah pertama lampu dengan bentuk tabung kaca ini harus dipecahkan bagian atasnya kemudian dengan menggunakan pecahan yang tajam tadi kita harus menggoreskan sedikit jari kita agar keluar darahnya dan diteteskan kedalam tabung tapi jangan khawatir hanya kita hanya memerlukan beberapa tetes darah saja dan kemudian…jrenggg..tabung tersebut langsung nyala dengan terang . anda tertarik…?
lanjuut...

Minuman Darah


Anda seorang penggemar hal-hal berbau horor ? mungkin ini akan jadi sebuah tambahan bagi anda agar anda tetap dalam suasana horor bin horor.

Sebuah perusahaan menjual produk minuman ‘DARAH’ yang dibungkus dalam kantong tranfusi darah lengkap dengan selangnya. Jadi anda tidak perlu menggigit leher orang lain untuk mendapatkan darahnya seperti Vampire atau memotong leher ayam untuk diambil darahnya dan diminum…hii..sereeemm.


Tapi anda tidak perlu khawatir dengan produk minuman yang di bandrol dengan harga $5.99 ini, karena ternyata darah yang ada pada minuman ini 100% terbuat dari darah sintetis tanpa sedikitpun mengandung darah asli serta mempunyai rasa Fruit Punch yang enak dan mengandung Zat besi, Elektrolit dan protein yang cukup untuk menambah energi anda selam 4 jam . minuman ini diharapkan akan diluncurkan pada januari 2010 nanti jadi anda harus sabar untuk menunggu untuk mendapatkannya
lanjuut...

18 November, 2009

Ayah....maafkan dita


Sepasang suami isteri - seperti pasangan lain di kota-kota besar meninggalkan anak-anak yg diasuh pembantu rumah sewaktu bekerja. Anak tunggal pasangan ini, perempuan cantik berusia tiga setengah tahun.
Sendirian ia di rumah Dan kerap kali dibiarkan pembantunya karena sibuk bekerja di dapur.
Bermainlah dia bersama ayun-ayunan di atas buaian yang dibeli ayahnya, Ataupun memetik bunga Dan lain-lain di halaman rumahnya.

Suatu Hari dia melihat sebatang paku karat. Dan ia pun mencoret lantai tempat Mobil ayahnya Diparkirkan, tetapi karena lantainya terbuat dari marmer maka coretan tidak kelihatan.
Dicobanya lagi pada Mobil baru ayahnya. Ya... Karena Mobil itu bewarna gelap, Maka coretannya tampak jelas. Apalagi anak-anak ini pun membuat coretan sesuai dengan kreativitasnya.

Hari itu ayah Dan ibunya bermotor ke tempat kerja karena ingin menghindari macet. Setelah sebelah kanan Mobil sudah penuh coretan maka ia beralih ke sebelah kiri Mobil. Dibuatnya gambar ibu Dan ayahnya, gambarnya sendiri, lukisan ayam, kucing Dan lain Sebagainya mengikut imaginasinya. Kejadian itu berlangsung tanpa disadari oleh si pembantu rumah.

Saat pulang petang, terkejutlah pasangan suami istri itu melihat Mobil yang baru setahun Dibeli dengan bayaran angsuran yang masih lama lunasnya. Si bapak yang belum lagi masuk ke rumah ini pun terus menjerit, "Kerjaan siapa ini !!!" .... Pembantu rumah yang tersentak dengan jeritan itu berlari keluar. Dia juga beristighfar. Mukanya merah padam ketakutan lebih2 melihat wajah bengsi tuannya. Sekali lagi diajukan pertanyaan keras kepadanya, dia terus
mengatakan ' Saya tidak tahu..tuan." "Kamu dirumah sepanjang Hari, Apa saja yg kau lakukan?" hardik si isteri lagi.
si anak yang mendengar suara ayahnya, tiba-tiba berlari keluar dari kamarnya dengan penuh manja dia berkata "Dita yg membuat gambar itu ayahhh.. Cantik ... Kan !" katanya sambil memeluk ayahnya sambil bermanja seperti biasa..
si ayah yang sudah hilang kesabaran mengambil sebatang ranting kecil Dari pohon di depan rumahnya, terus dipukulkannya berkali2 ke telapak tangan anaknya. si anak yang tak mengerti apa apa menagsi kesakitan, pedih sekaligus ketakutan. Puas memukul telapak tangan, si ayah memukul pula belakang tangan anaknya.

Sedangkan si ibu cuma mendiamkan saja, seolah merestui Dan merasa puas dengan hukuman Yang dikenakan. Pembantu rumah terbengong, tdk tahu hrs berbuat apa...si ayah cukup lama memukul-mukul tangan kanan Dan kemudian ganti tangan kiri anaknya. Setelah si ayah masuk ke rumah diikuti si ibu, pembantu rumah tersebut
menggendong Anak kecil itu, membawanya ke kamar.

Dia terperanjat melihat telapak tangan Dan belakang tangan si anak kecil luka2 Dan berdarah. Pembantu rumah memandikan anak kecil itu. Sambil menyiramnya dengan air, Dia ikut menangis. Anak kecil itu juga menjerit-jerit menahan pedih saat luka2nya itu Terkena air.. Lalu si pembantu rumah menidurkan anak kecil itu. si ayah sengaja membiarkan anak itu tidur bersama pembantu rumah. Keesokkan harinya, kedua belah tangan si anak bengkak.
Pembantu rumah mengadu ke majikannya. "Oleskan obat saja!" jawab bapak is anak.

Pulang dari kerja, dia tidak memperhatikan anak kecil itu yang menghabiskan waktu Di kamar pembantu. si ayah konon mau memberi pelajaran pada anaknya. Tiga Hari berlalu, si ayah tidak pernah menjenguk anaknya sementara si ibu juga begitu, Meski setiap Hari bertanya kepada pembantu rumah. "Dita demam, Bu"...jawab pembantunya Ringkas.
"Kasih minum panadol aja ," jawab si ibu. Sebelum si ibu masuk kamar tidur dia menjenguk kamar pembantunya.
Saat dilihat anaknya Ditadalam pelukan pembantu rumah, dia menutup lagi pintu kamar pembantunya.

Masuk Hari keempat, pembantu rumah memberitahukan tuannya bahwa suhu badan Dita terlalu panas. "Sore nanti Kita bawa ke klinik.. Pukul 5.00 sudah siap" kata majikannya itu Sampai saatnya si anak yang sudah lemah dibawa ke klinik.
Dokter mengarahkan agar IA dibawa ke rumah sakit karena keadaannya sudah serius. Setelah beberapa Hari di rawat inap dokter memanggil bapak Dan ibu anak itu.

"Tidak Ada pilihan.." kata dokter tersebut yang mengusulkan agar kedua tangan anak itu Dipotong karena sakitnya sudah terlalu parah Dan infeksi akut..."Ini sudah bernanah, demi menyelamatkan nyawanya maka kedua tangannya
harus dipotong Dari siku ke bawah" kata dokter itu. si bapak Dan ibu bagaikan terkena halilintar mendengar Kata-kata itu. Terasa dunia berhenti berputar, tapi apa yg dapat dikatakan lagi.

si ibu meraung merangkul si anak. Dengan berat hati Dan lelehan air Mata isterinya, si ayah bergetar tangannya menandatangani surat persetujuan pembedahan.
Keluar dari ruang bedah, selepas obat bius yang disuntikkan habis, si anak menangsi kesakitan. Dia juga keheranan melihat kedua tangannya berbalut kasa putih. Ditatapnya muka ayah Dan ibunya. Kemudian ke wajah pembantu rumah.
Dia mengerutkan dahi melihat mereka semua menangis. Dalam siksaan menahan sakit, si anak bersuara dalam lina ngan air Mata.
"Ayah.. Ibu... Dita tidak akan melakukannya lagi....Dita tak mau lagi ayah pukul. Dita tak mau jahat lagi... Dita sayang ayah.. Sayang ibu.", Katanya berulang kali membuatkan si ibu gagal menahan rasa sedihnya. "Dita juga sayang Mbok Narti.." katanya memandang wajah pembantu rumah, sekaligus membuat wanita itu meraung histeris.

"Ayah.. kembalikan tangan Dita. Untuk apa diambil.. Dita janji tidak akan mengulanginya lagi! Bagaimana caranya Dita mau makan nanti?... Bagaimana Dita mau bermain nanti?...
Dita janji tdk akan mencoret2 mobil lagi, " katanya berulang-ulang. Serasa hancur hati si ibu mendengar kata-kata anaknya.
Meraung2 dia sekuat hati namun takdir yang sudah terjadi tiada manusia dapat menahannya. Nasi sudah jadi bubur. Pada akhirnya si anak cantik itu meneruskan hidupnya tanpa kedua tangan dan ia masih belum mengerti mengapa tangannya tetap harus dipotong meski sudah minta maaf...

Tahun demi tahun kedua orang tua tsb menahan kepedihan dan kehancuran bathin sampai suatu saat Sang ayah tak kuat lagi menahan kepedihannya dan wafat diiringi tangis penyesalannya yg tak bertepi...
Namun...., si Anak dengan segala keterbatasan dan kekurangannya tsb tetap hidup tegar bahkan sangat sayang dan selalu merindukan ayahnya..

Note : Hari ini bingung mau posting apa eh ternyata tiba-tiba ada email tentang cerita yang lumayan bagus…wah jadi copas aja tapi maaf sumber utamanya saya gak tahu bagi yang merasa menulis cerita ini maafkan saya tidak mencantumkannya mohon diberitahukan lewat comment.


lanjuut...

17 November, 2009

Rahasia Awet Muda Sang Ratu


Banyak tempat-tempat seperti salon kebugaran, tempat fitnes sampai klinik-klinik menawarkan jasa dan produk yang mereka klaim bisa membuat kita awet muda, sehat dan tetap enerjik. Tapi bagi kita orang yang hidup dengan ekonomi pas-pasan sangat sulit untuk menjangkau harga yang mereka terapkan yang tentunya mahal ditambah lagi kebanyakan dari mereka menggunakan bahan kimia sintetis yang keamanannya kita tidak tahu, apakah akan mempunyai efek samping bagi tubuh atau tidak

Solusi yang tepat untuk kita sekarang ini yang ingin hidup tetap awet muda dan panjang umur dengan kesehatan yang baik sebenarnya sudah lama ditawarkan oleh mbah ‘ratu’ dengan produknya yang alami serta terbukti sangat bermanfaat menjaga kesehatan kita serta membuat kita awet muda.
Siapa sebenarnya mbah ‘ratu’ ini. Kita maen teka-teki dulu yuk…

Pertama mbah ‘ratu’ ini merupakan ratu diantara kelompoknya, mempunyai badan yang lebih besar sampai 40% lebih besar dari yang lainnya serta berat sampai 60% berat yang lainnya juga mempunyai umur yang sangat panjang dibandingkan dengan lainya sampai 35-50 kali lebih panjang…hayooo..siapa itu…
Belum tahu juga ? ya sudah saya tambah petunjuknya mbah ‘ratu’ ini bukan dari golongan manusia tapi dari golongan hewan yang berkoloni dan hidup disarang yang berbentuk hexagonal ( segi enam ), dan menghasilkan produk berupa cairan yang manis dan sangat bermanfaat….hayoo siapa dia…

Dari itu semua anda pasti sudah tahu dialah Mbah ‘ratu’ lebah…ya…anda tidak salah ratu lebah.
Ratu lebah merupakan hewan yang mempunyai umur yang sangat panjang dibanding yang lainnya dan mempunyai badan yang sehat serta mampu bertelur melebihi berat badannya dalam satu hari…wow.

Sebenarnya apa rahasia dari semua itu ?

Setelah saya pribadi mempunyai izin tertulis untuk mewawancarai sang ‘ratu’ ini secara ekslusif ternyata dia membeberkan semua rahasia yang selama ini tertutupi.
Menurut sang ‘ratu’ rahasia awet mudanya adalah dengan rutin minum Royal jelly. Wah apa itu royal jelly ?
Royal jelly adalah minuman khusus ratu yang diproduksi oleh lebah pekerja perawat dari pollen dan nectar yang dihirupnya kemudian di sekresikan dari gandula khusus di kepalanya.

Di dalam sarang lebah Royal Jelly dipakai untuk memberi makanan pada seluruh larva lebah selama tiga hari saja tapi hanya larva yang akan jadi ratu lah yang akan terus mendapatkan makanan dari royal jelly ini dengan kata lain royal jelly ini adalah makan khusus untuk ratu sedangkan yang lainnya hanya makan pollen dan madu.
Terus apa yang menjadikannya sebagai minuman khusus untuk ratu saja ?
Menurut sang ‘ratu’ bahwa Royal Jelly mmpunyai kandungan yang sangat berguna untuk tubuh diantaranya protein 13 %, karbohydrat 15 %, lemak 5 % dan zat-zat organic lainnya sekitar 1 % serta mengandung seluruh jenis asam amino essensial dan non essensial, karbohidratnya berupa fruktosa dan glukosa, lemaknya terdiri dari asam lemak jenuh dan tak jenuh dan phospholipids. Vitamin yang terkandung didalamnya adalah seluruh jenis vitamin B, vitamin A, C, D, E dan K.

Komponen lain yang terkandung dalam Riyal Jelly adalah collagen yaitu protein yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan jaringan, kulit, rambut, kuku, tulang, otot dan dan penguat dinding-dinding saluran dalam tubuh kita. Enzym yang terdapat didalamnya meliputi enzym superoxide dismutase, catalase, peroxidase dan glutathione peroxidase. Asam nucleid yang ada meliputi DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid).

Saya pun sempat menanyakan bagaimana jika manusia yang meminumnya apakah akan baik juga untuk kesehatam manusia ?
Menurut sang ratu, sebagai bahan makanan khusus untuk ratu tentunya Royal Jelly mempunyai khasiat yang sangat baik untuk manusia terutama mengobati berbagai macam penyakit diantaranya :

• Mengobati infeksi di perut, varicose, dispepsia, impotensi, fatique, anorexia, lemah sahwat, infertilitas, infeksi visrus dan bacteri.

• Meningkatkan imunitas tubuh seperti yang terbukti dari penelitian di Sarajevo ketika terjadi epidemic. Patien yang diberi royal jelly hanya 9 % yang terjangkit penyakit sementara pasien yang tidak diberi Royal Jelly 40 %nya terjangkit

• Penelitian di Jepang tahun 2001 membuktikan bahwa Royal Jelly efektif untuk mengobati fatique dan stress.

• Royal Jelly menurunkan kolesterol dan triglyceride seperti ditunjukkan hasil riset di China tahun 1995. Dari riset tersebut terbukti Royal Jelly menurunkan LDL yaitu kolesterol yang buruk dan menaikkan HDL yaitu kolesterol yang baik.
• Kemampuan Royal Jelly menurunkan tekanan darah juga terbukti melalui penelitian di jepang tahun 2004 lalu.

• Vitamin A, C dan E yang ada di dalam Royal Jelly bekerja secara sinergis dengan carotenoids mencegah kerusakan kulit karena bahan kimia atau karena matahari dan lebih jauh lagi juga menurunkan risiko kanker kulit.
• Banyak nutrients yang ada di dalam Royal Jelly, antimicrobial proteins, berbagai enzymes dan gamma globulin bekerja sama mencegah infeksi dan menstimulasi imunitas tubuh.

• HDA dan asam lemak jenuh rantai pendek yang ada dalam Royal Jelly berfungsi mirip detergen yang menghancurkan membrane sel bakteri, jamur dan virus. HDA juga berfungsi mencegah atheroclerosis.

• Berbagai vitamin B yang ada dalam Royal Jelly yang kaya akan hormon, phytosterols dan phospholipids menurunkan kolesterol dan ini yang membuat orang ’awet muda’.

Royal Jelly sangat mudah rusak, karenanya harus disimpan dalam keadaan beku atau dicampur dengan madu. Dengan rutin mengkonsumsi Royal Jelly antara 4-7 gram perhari bisa membuat tubuh kita menjadi sehat serta awet muda seperti mbah ‘ratu’. Terimakasih mbah ’ratu’

Nyambung nggak sih…? Mohon kritik dan saran….
lanjuut...

Monitor Terbuat Dari Nata De Coco


Lagi-lagi saya membahas mengenai kegunaan dari kelapa, tapi kali ini saya ingin membahas kegunaan kelapa bukan untuk kesehatan seperti pada pembuatan VCO dan air kelapanya yang menyegarkan tapi menfaat kelapa terutama yang sudah dibuat Nata De Coco dalam teknologi terkini.
Kita semua mengetahui bahwa Nata De Coco terbuat dari fermentasi air kelapa dengan menggunakan bakteri jenis Acetobacter xylinum. Selain rasanya enak dan kaya akan serat ini bisa dijadikan bahan pembuat layar monitor televisi atau komputer.

Mungkin kita sulit untuk membayangkan kok bisa ya Nata De Coco yang enak itu jadi Monitor ?. tapi para ilmuan di Kyoto University telah menemukan bahwa Nata De Coco dapat diolah menjadi material yang sangat kuat dan tahan panas juga lentur damn mampu untuk mentransmisikan cahaya.

Menurut para peneliti dari Lab of Active Bio-based Material-Kyoto University, Nata De Coco dapat dijadikan komposit yang sangat kuat dengan teknik pengolahan yang cukup sederhana. Lembar Nata De Coco yang sudah dihilangkan airnya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam perekat polifenol formaldehid dengan berat molekul rendah. Setelah melalui proses pengeringan kemudian dipres panas pada suhu 180oC selama 10 menit sehingga akan dihasilkan komposit yang sangat kuat.

Material komposit tersebut mempunyai keteguhan patah (bending strength) 450 MPa, dengan kerapatan 1.4 g/cm3. Kekuatan ini lebih baik bila kita bandingkan dengan kekuatan baja campuran (Mg alloy AZ-91) yang mempunyai keteguhan patah sekitar 370 Mpa (kerapatan 1.8 g/cm3). Bahkan kekuatan komposit tersebut dapat disetarakan dengan kekuatan baja ringan SS400 (kerapatan ‚V.8 g/cm3) yang mempunyai keteguhan patah sekitar 500 MPa.

Komposit nata de coco bisa memiliki kekuatan yang sangat baik karena nata de coco memiliki microfibrils yang seragam dengan ukuran fiber kurang dari 10 nm, lurus serta membentuk jaringan seperti jaring laba-laba. Kekuatan jaringan inilah yang menjadikan komposit nata de coco mendekati kekuatan baja ringan namun dengan kerapatan yang jauh lebih rendah bila dibandingkan baja ringan. Keunggulan tersebut memungkinkan komposit nata de coco untuk dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi seperti industri otomotif, elektronik, maupun konstruksi. Selain keunggulannya yang ringan, kuat, murah dan mudah dalam proses pembuatannya, keunggulan lainnya adalah komposit tersebut dibuat dari bahan alami (renewable resources) yang ketersediaannya di alam sangat melimpah.

Tidak hanya sampai di situ, komposit nata de coco bahkan memiliki sifat transmitter cahaya seperti kaca. Berdasarkan penemuan mutakhir dari para peneliti Kyoto University, ukuran fiber dari nata de coco yang berskala nano, memungkinkannya untuk mentransmisikan cahaya tanpa pembelokan. Sifatnya nyaris seperti kaca dengan keunggulan lebih tahan terhadap panas dan memiliki kelenturan seperti plastik. Hal ini menjadikan komposit nata de coco sebagai material impian dengan berbagai keunggulan.

Prinsip pembuatannya cukup sederhana, lapisan nata de coco dihilangkan airnya sehingga berbentuk lembaran seperti kertas. Setelah dikeringkan menggunakan vacuum oven, lembaran tersebut masih belum transparan karena masih mengandung rongga udara, sifat transparan dihasilkan setelah rongga udara diisi oleh senyawa resin yang mempunyai sifat transparan seperti resin akrilik. Selanjutnya dilakukan pematangan dengan menggunakan sinar UV, sehingga dihasilkan lembaran yang transparan.

Dengan berbagai sifat yang unggul seperti transparan, ringan, fleksible dan mudah dibentuk menjadikan komposit berbahan dasar nata de coco mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai layar monitor, kaca jendela mobil ataupun jendela kereta api. Di Jepang sendiri, saat ini pemanfaatan komposit tersebut sedang diaplikasikan dalam skala industri bekerjasama dengan pihak swasta. Diharapkan dalam waktu dekat, kita bisa menikmati layar monitor komputer yang lentur seperti plastik namun tahan panas seperti gelas. Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya kita akan memakai kacamata yang terbuat dari komposit nata de coco apabila komposit tersebut dikembangkan untuk alat optik.
lanjuut...

16 November, 2009

Kisah Qorun dan Nabi Musa


Maaf hanya ingin mengingatkan tentang cerita-cerita islam yang semakin lama semakin dilupakan padahal ini bukanlah cerita dongeng belaka tapi merupakan kisah nyata yang dapat kita petik pelajaran yang sangat berharga juga sebagai pengingat untuk kita bahwa semua harta yang kita kumpulkan akan di pertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT .
Ini adalah kisah mengenai Qorun dan Nabi Musa As.

Pada jaman Nabi Musa AS menjadi pemimpin Bani Israil, ada seorang yang bernama Qorun. Awalnya Qorun adalah salah seorang pengikut Nabi Musa AS yang sangat taat beribadah. Karena sangat sibuk beribadah, Qorun tidak begitu peduli dengan masalah duniawi. Alhasil Qorun dan keluarganya hidup serba kekurangan. Namun, meski begitu Qorun termasuk ulama yang sangat disegani saat itu.
Istri Qorun, Ilza, tidak terlalu puas dengan kehidupannya. Dia sering mengeluh dan merengek agar Qorun mau lebih berusaha meningkatkan taraf hidup mereka. “Suamiku, sepertinya aku mulai bosan hidup miskin. Kenapa kita harus hidup menderita seperti ini padahal kau taat beribadah?” rengek Ilza pada Qorun. “Istriku, kenapa kau membandingkan kesenangan duniawi dengan kesenangan bathin? Ibadah adalah untuk membuat hati kita tenang, bukan untuk mencari kekayaan,” jawab Qorun. “Tapi aku juga ingin sekali-kali makan enak dan punya baju bagus seperti orang lain,” rengek Ilza. Qorun tertegun mendengar rengekan istrinya. “Maafkan aku istriku, aku tidak tahu kalau kau begitu menderita,” kata Qorun.
Suatu hari datanglah dua orang pria ke rumah Qorun. Mereka mengaku utusan raja Gholan yang membawa hadiah berupa uang emas yang banyak. “Maaf, kenapa saya harus menerima hadiah dari raja Gholan? Saya tidak mengenalnya, dan tidak merasa pernah berbuat kebaikan padanya. Jadi maaf, saya tidak bisa menerima pemberiannya,” kata Qorun. “Oh, tentu saja anda sangat berjasa. Bukankah anda adalah ulama besar yang mengajarkan kebaikan disini? Lagipula raja kami juga memberikan hadiah yang sama untuk ulama lainnya kok!” bujuk kedua utusan itu. “Ah tetap saja saya tidak bisa menerima hadiah ini. Pasti ada maksud lain dari pemberian ini,” pikir Qorun. “Maaf saya tidak bisa menerima pemberian rajamu. Sampaikan saja rasa terima kasihku!” kata Qorun pasti.
Berkali-kali kedua utusan itu datang, namun selalu ditolak oleh Qorun. Akhirnya mereka memutuskan unk datang saat Qorun tidak sedang berada di rumah dan menemui Ilza istri Qorun. “Ayolah nyonya, diterima saja hadiah ini. Nyonya bisa beli apapun yang nyonya mau,” bujuk mereka. “Benar juga,” pikir Ilza, “aku kan sudah lama ingin punya uang banyak.” Tapi dia lalu teringat suaminya yang tidak mau menerima hadiah itu. “Ah tapi saya juga takut nanti suamiku akan marah jika tahu aku menerima hadiah yang ditolaknya,” kata Ilza muram. “Nyonya jangan bilang dulu! Berikan saja suami nyonya masakan yang lezat. Dan nyonya juga harus berhias supaya suami nyonya terpesona. Maka suami nyonya dijamin tidak akan marah!” bujuknya. “Hmmmm, ada baiknya juga dicoba,” pikir Ilza. Maka dia menerima hadiah dari raja Gholan tersebut.
Sorenya saat Qorun baru pulang dari tempat ibadah, dia melihat istrinya telah memakai pakaian bagus dan kelihatan tampak cantik. Bukan itu saja, di meja makan telah terhidang makanan dan minuman yang sangat lezat. “Darimana kau dapat semua ini?” tanya Qorun heran. “Makanlah dulu, nanti akan kuceritakan,” kata Ilza berahasia. Kemudian setelah Qorun selesai makan dan minum, Ilza menceritakan apa yang terjadi. “Apa? Bukannya aku sudah menolak hadiah tak jelas itu? Kenapa kamu malah menerimanya?” tanya Qorun kaget. “Suamiku, bukankah kau juga senang bisa makan enak dan melihat istrimu berdandan?” rayu Ilza. “Tidak ada salahnya kan punya uang banyak? Toh kita masih bisa tetap beribadah,” lanjut Ilza. Qorun termenung. “Baiklah!” katanya. “Tapi jika nanti dia menuntut macam-macam, kita harus mengembalikan uangnya,” kata Qorun.
Karena terbiasa hidup enak, ibadah Qorun makin lama makin berkurang. Apalagi Ilza selalu melarangnya jika dia berniat untuk mengunjungi nabi Musa. “Bersama Nabi Musa hidup kita miskin. Lebih baik jauhi saja dia!” begitu terus kata Ilza. Lama kelamaan Qorun tidak pernah lagi beribadah. Kini dia mulai sibuk berniaga. Makin hari hartanya semakin banyak. Hingga akhirnya Qorun menjadi orang yang sangat kaya raya. Namun sayang, kini dia menjadi sombong dan pelit. Dia selalu ingin terlihat berkuasa dan gila pujian. Kekayaannya selalu dihitung sampai sedetil-detilnya, hingga kehilangan satu dinar pun dia pasti akan mengetahuinya.
Suatu hari ada salah seorang sahabat lama Qorun yang mengingatkan dia untuk membayar zakat atas hartanya yang berlimpah. Terpaksa Qorun mendatangi nabi Musa untuk menanyakan berapa banyak zakat yang harus dibayarnya. “Setiap seribu dinar zakatnya satu dinar. Seribu kambing zakatnya satu kambing. Seribu gram emas zakatnya satu gram emas. Begitu seterusnya,” jelas nabi Musa. Qorun mulai menghitung zakatnya, ternyata jumlahnya lumayan besar. Rasa kikirnya muncul. Pikirnya dia sudah susah payah mencari kekayaan kenapa harus dibuang percuma. Maka dia mulai berprasangka buruk tehadap nabi Musa. Menurutnya peraturan zakat itu hanyalah tipu muslihat nabi Musa untuk kesejahteraan nabi Musa sendiri.
Qorun memang keterlaluan. Bukan saja dia tidak mau mebayar zakat hartanya, dia juga menghasut saudagar-saudagar lainnya supaya tidak membayar zakat. Bahkan dia merencanakan untuk mencelakakan nabi Musa. Dia membayar seorang wanita penghibur untuk mengaku pernah berbuat tidak baik dengan nabi Musa. Suatu siang, saat nabi Musa sedang berdakwah, Qorun sengaja bertanya apa hukumannya jika pria dan wanita yang bukan suami istri tapi melakukan zina. “Hukumannya adalah dirajam!” jawab nabi Musa tegas. “Apakah itu juga berlaku bagimu wahai nabi?” tanya Qorun lantang. “Tentu! Hukumannya juga dirajam,” jawab nabi Musa. “Kalau begitu kami harus merajammu wahai nabi! Bukankah kau telah berzina dengan seorang wanita sedangkan dia bukan istrimu?” kata Qorun dengan suara keras. “Naudzubillahi Min Dzalik, aku tidak pernah berbuat sehina itu. Celakalah orang yang menuduh tanpa bukti!” kata nabi Musa. “Tentu saja aku punya bukti,” jawab Qorun dengan tenang. Lalu dipanggilah si wanita penghibur. Tapi si wanita penghibur tadi
setelah berhadapan dengan nabi Musa menjadi ciut nyalinya. Sehingga dia malah membeberkan kejadian yang sebenarnya.
Mendengar hal itu nabi Musa menjadi marah. Dia berdoa kepada Alloh Swt untuk memberikan petunjuk. Lalu Alloh berfirman bahwa Alloh telah memerintahkan bumi untuk taat kepada nabi Musa. Nabi Musa lalu berkata: “Wahai Bani Israil sesungguhnya Alloh telah memerintahkan kalian untuk taat kepadaku. Barang siapa yang ingin bersama Qorun tetaplah bersamanya. Siapa yang ingin bersamaku, menjauhlah dari Qorun!” Semua orang menjauhi Qorun, hingga tinggal tersisa dua orang. Lalu nabi Musa berkata pada bumi, “Wahai bumi telanlah Qorun dan pengikutnya!” Tiba-tiba bumi dimana Qorun dan pengikutnya berpijak bergetar kemudian membelah dan mulai menelan mereka. Sia-sia saja Qorun berteriak minta ampun, dosanya sudah tidak terampuni. Maka dia dan pengikutnya hilang ditelan bumi.
Tetapi setelah peristiwa itu, orang-orang mulai berprasangka bahwa nabi Musa sengaja menghukum Qorun supaya bisa menguasai hartanya. Maka sekali lagi nabi Musa meminta bumi untuk menenggelamkan harta Qorun supaya terhindar dari fitnah. Alloh mengabulkan doa nabi Musa dengan menciptakan gempa bumi yang dahsyat, sehingga semua harta Qorun terkubur di dalam bumi. Itulah asal mulanya kenapa kita menyebut harta yang terpendam dengan istilah harta karun.

semoga kisah diatas dapat mengingatkan kita kembali bahwa sudah berapa banyak harta yang kita kumpulkan dan keluarkan Zakat atasnya, jangan-jangan kita sama dengan Qorun yang kikir hingga hanya menunggu waktu untuk Allah mengambil kekayaan kita kembali karena apa yang kita punya semata-mata milik Allah SWT.
lanjuut...

Jam Beker Yang Bisa Berlari


Anda termasuk orang yang sulit untuk bangun pagi…?

Jika anda termasuk orang yang tergolong sulit untuk bangun terutama di pagi hari, sudah pasti anda mempunyai Alarm entah itu jam Beker atau alarm pada Hp anda…tapi bagaimana jika itu semua tetap belum mampu untuk membangunkan anda…hmmm…

Solusinya adalah…jreng…sebuah situs lokal kadounik.com menjual satu produk yang saya bilang cukup unik yaitu sebuah jam beker yang bisa berlari…hmmm…unik juga ya tapi apa keistimewaannya…?

Keistimewaan dari jam beker ini sesuai dengan namanya yaitu Nanda Clocky, the runaway alarm clock(jam yang bisa berlari) pada saat alarm berbunyi dengan suara yang cukup keras dan nyaring jam tersebut langsung ngaciiir ke arah yang dituju dan satu lagi yang membuatnya unik yaitu untuk menghentikan suara alarmnya kita harus menekan tombol SNOOZE terlebih dahulu dan tentunya harus kita kejar dulu sampe dapat karena jam ini bisa berlari kemana saja di kamar kita dan bisa berbelok serta alarm tidak akan berhenti sampai kita benar-benar menekan tombol SNOOZE nya…unik juga ya ? ada yang mau ?

Wah jadi promosiin situs orang niy..he..he gpp lah buat amal.
lanjuut...

Madu Pahit

Selama ini kita lebih mengenal madu sebagai suplemen makanan yang alami dengan rasa yang manis dan enak. Tapi, tahukah anda sebenarnya madu itu mempunyai beragam warna dan rasa. Dan yang satu ini sangat unik yaitu mempunyai rasa yang pahit…kok ada ya…

Di daerah Pangkal pinang terutama daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel) ternyata mempunyai satu jenis madu dengan rasa yang pahit ini, walau rasanya pahit tapi sangat diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Babel karena mempunyai khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh bahkan banyak permintaan dari luar daerah seperti dari Jakarta, Bandung, Kalimantan dan lainnya.
Walau rasanya yang pahit namun harga yang ditawarkan lumayan tinggi yaitu mencapai 120-150 ribu Rupiah per kilogram dibandingkan dengan madu dengan rasa yang manis yaitu sekitar 40-60 ribu Rupiah per Kilogram

Tapi yang jadi pertanyaan adalah mengapa madu yang identik dengan rasa yang manis kok bisa mempunyai rasa yang pahit ?. Jawabanya adalah karena ada satu jenis lebah yang menghisap bunga dari pohon pelawan dimana buah dari pohon ini mempunyai rasa yang pahit jadi karena itulah madu yang dihasilkannya menjadi pahit namun tetap mempunyai khasiat yang sangat tinggi diantaranya dapat manyembuhkan penyakit ginjal, darah tinggi, darah rendah, gangguan pada lambung, lemah syahwat, kencing manis dan menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh .

Mengenai harganya yang tinggi mungkin terkait dari sulitnya untuk mendapatkan madu pahit tersebut pasalnya waktu panen madu pahit tersebut menurut para petani madu hanya satu kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei. Namun para petani ini pun mengaku sering mengalami kegagalan ketika akan memanen jika pada bulan tersebut sering turun hujan, ini menyebabkan sarang lebah tidak berisi madu.

Tapi seandainya kita membutuhkannya pada bulan lainnya kita tidak perlu khawatir akan kehabisan stok dari madu tersebut karena para petani biasa mampunyai stok dalam jumlah tertentu sebab madu tersebut mampu bertahan hingga bertahun-tahun jika disimpan pada tempat yang tertutup rapat.

Hmm..jadi pengen ngerasain madu pahit yang banyak manfaatnya itu, ada yang tertarik…?
lanjuut...

13 November, 2009

Abu Nawas



Ilahi lastu lilfirdausi ahla wala aqwa 'ala naril jahimi Fahab li tawbatan waghfir dzunubi fainaka ghafirud dzanbil adzimi.


Senandung syair yang menyentuh hati itu mengalun begitu merdu. Sembari menunggu datangnya shalat Maghrib dan Subuh, para jamaah shalat kerap melantunkan syair itu dengan syahdu di mushala dan masjid. Meski syair itu telah berumur hampir 11 abad, namun tampaknya tetap akan abadi.

Syair pengingat dosa dan kematian itu boleh dibilang begitu melegenda, seperti nama besar pengarangnya Abu Nuwas yang hingga kini tetap dikenang dan diperbincangkan. Abu Nuwas atau Abu Nawas adalah seorang penyair Islam termasyhur di era kejayaan Islam.

Orang Indonesia begitu akrab dengan sosok Abu Nuwas lewat cerita-cerita humor bijak dan sufi. Sejatinya, penyair yang bernama lengkap Abu Nuwas Al-Hasan bin Hini Al-Hakami itu memang seorang humoris yang lihai dan cerdik dalam mengemas kritik berbungkus humor.

Penyair yang dikenal cerdik dan nyentrik itu tak diketahui secara pasti tempat dan waktu kelahirannya. Diperkirakan, Abu Nuwas terlahir antara tahun 747 hingga 762 M. Ada yang menyebut tanah kelahirannya di Damaskus, ada pula yang meyakini Abu Nuwas berasal dari Bursa. Versi lainnya menyebutkan dia lahir di Ahwaz.

Yang jelas, Ayahnya bernama Hani seorang anggota tentara Marwan bin Muhammad atau Marwan II- Khalifah terakhir bani Umayyah di Damaskus. Sedangkan ibunya bernama Golban atau Jelleban seorang penenun yang berasal dari Persia. Sejak lahir hingga tutup usia, Abu Nuwas tak pernah bertemu dengan sang ayah.

Ketika masih kecil, sang ibu menjualnya kepada seorang penjaga toko dari Yaman bernama, Sa'ad Al-Yashira. Abu Nuwas muda bekerja di toko grosir milik tuannya di Basra, Irak. Sejak remaja, otak Abu Nuwas yang encer menarik perhatian Walibah ibnu A-Hubab, seorang penulis puisi berambut pirang. Al-Hubab pun memutuskan untuk membeli dan membebaskan Abu Nuwas dari tuannya.

Sejak itu, Abu Nuwas pun terbebas dari statusnya sebagai budak belian. Al-Hubab pun mengajarinya teologi dan tata bahasa. Abu Nuwas juga diajari menulis puisi. Sejak itulah, Abu Nuwas begitu tertarik dengan dunia sastra. Ia kemudian banyak menimba ilmu dari seorang penyair Arab bernama Khalaf Al-Ahmar di Kufah.

Sang guru memerintahkannya untuk berdiam di padang pasir bersama orang-orang badui untuk mendalami dan memperhalus pengetahuan bahasa Arabnya selama satu tahun. Setelah itu, dia hijrah ke Baghdad yang merupakan metropolis intelektual abad pertengahan di era kepemimpinan Khalifah Harun Ar-Rasyid.

Sebagai penyair yang nyentrik, masa mudanya penuh dengan gaya hidup yang kontroversial, sehingga membuat Abu Nawas tampil sebagai tokoh yang unik dalam khazanah sastra Arab Islam. Ketika masih muda, puisi-puisi yang dikarangnya kerap diinspirasi khammar (minuman keras), salah satunya khumrayat (penggambaran minuman keras). Adalah Dr Muhammad al-Nuwaihi dalam kitabnya Nafsiyyat Abi Nuwas menyebutkan Abu Nawas sangat tergantung pada minuman keras.

Sebagai penyair, tingkah laku Abu Nawas bisa disebut aneh, bahkan slebor. Tingkah lakunya membuat orang selalu mengaitkan karyanya dengan gejolak jiwanya. Ditambah sikapnya yang jenaka, perjalanan hidupnya benar-benar penuh warna. Namun, di mata Ismail bin Nubakht Abu Nuwas adalah seorang yang cerdas dan kaya pengetahuan.

''Saya tak pernah melihat orang yang mau belajar lebih luas dibanding Abu Nuwas. Tak ada seorang pun. Dengan ingatan yang sangat kaya, namun koleksi bukunya sangat sedikit. Setelah dia tutup usia, kami mencari rumahnya dan hanya menemukan sebuah buku di rumahnya,'' papar Ismail bin Nubakht dalam catatannya.

Berbekal kepiawaiannya menulis puisi, Abu Nawas bisa berkenalan dengan para pangeran. Sejak dekat para bangsawan, puisi-puisinya berubah memuja penguasa. Dalam kitab Al-Wasith fil Adabil 'Arabi wa Tarikhihi, Abu Nawas digambarkan sebagai penyair multivisi, penuh canda, berlidah tajam, pengkhayal ulung, dan tokoh terkemuka sastrawan angkatan baru.

Karir Abu Nuwas di dunia sastra pun makin kinclong setelah kepandaiannya menulis puisi menarik perhatian Khalifah Harun Al-Rasyid. Melalui perantara musikus istana, Ishaq al-Wawsuli, Abu Nawas akhirnya didapuk menjadi penyair istana (sya'irul bilad). Abu Nawas pun diangkat sebagai pendekar para penyair. Tugasnya menggubah puisi puji-pujian untuk khalifah.

Kegemarannya bermain kata-kata dengan selera humor yang tinggi membuatnya menjadi seorang legenda. Namanya juga tercantum dalam dongeng 1001 malam. Meski sering ngocol, ia adalah sosok yang jujur. Tak heran, bila dia disejajarkan dengan tokoh-tokoh penting dalam khazanah keilmuan Islam.

Kedekatannya dengan khalifah berakhir di penjara. Suatu ketika Abu Nawas membaca puisi Kafilah Bani Mudhar yang membuat khalifah tersinggung dan murka. Ia lantas di penjara. Setelah bebas, dia mengabdi kepada Perdana Menteri Barmak. Ia hengkang dari Baghdad setelah kejayaan Barmak jatuh pada tahun 803 M. Setelah itu, ia hijrah ke Mesir dan menggubah puisi untuk Gubernur Mesir, Khasib bin Abdul Hamid al-Ajami. Abu Nuwas akhirnya kembali lagi ke Baghdad, setelah Harun al-Rasyid meninggal dan digantikan Al-Amin.

Sejak mendekam di penjara, puisi-puisi Abu Nawas berubah menjadi religius. Kepongahan dan aroma kendi tuaknya meluntur, seiring dengan kepasrahannya kepada kekuasaan Allah. Syair-syairnya tentang pertobatan bisa dipahami sebagai salah satu ungkapan rasa keagamaannya yang tinggi.

Sajak-sajak tobatnya bisa ditafsirkan sebagai jalan panjang menuju Tuhan. Puisi serta syair yang diciptakannya menggambarkan perjalanan spiritualnya mencari hakikat Allah. Kehidupan rohaniahnya terbilang berliku dan mengharukan. Setelah 'menemukan' Allah, inspirasi puisinya bukan lagi khamar, melainkan nilai-nilai ketuhanan. Di akhir hayatnya, ia menjalani hidup zuhud. Seperti tahun kelahirannya yang tak jelas, tahun kematiannya terdapat beragam versi antara 806 M hingga 814 M. Ia dimakamkan di Syunizi, jantung Kota Baghdad.


sumber :
http://www.ubb.ac.id/


lanjuut...

12 November, 2009

kau dan kau yang kucinta

sebenarnya hanya ingin menuang madu kedalam kelopak bunga dan berharap semua akan tetap manis dalam cahaya takdir, namun sekutu tembok menghalang jalur kaki ini untuk melangkah, entah apa yang akan terjadi seakan baru sedetik lalu tetes air mata ini kering, kini harus terkuras kembali hanya karena ketidak mampuan tangan untuk cepat bertindak melawan gerigi besi si tuan zaman.
satu hal yang tetap menggelayut dalam dada ini adalah bahwa semua ini hanya fana, semua ini hanya sementara, tapi mengapa seakan-akan nyata...tapi mengapa seakan-akan memang inilah hidup. tidak perduli pada apa yang memang menggigit kaki ini untuk tidak terus maju, aku seorang yang penuh lumpur hina ini merasa seakan tidak ada campur tangan orang lain dalam semua ini...semua yang kujalani sendiri hanya aku sendiri, betapa egonya aku

kaget aku mendengar jerit nyaring di malam sunyi, memasung kesunyian kedalam histeris. segera aku menyeruak mimpi ini untuk terbangun dengan hidup nyata, terduduk dalam tangisnya mengharap kasih...memelas...merayu...
ya...dia...dia..yang selama ini aku jadikan sebagai jantung dalam diri ini agar tetap teguh memerangi jahanamnya dunia ini hanya untuk mencari secuil penegak punggung, hanya untuk mencari se-remah penyambung nyawa penawar lapar
ya...dia...dia..yang selama ini aku cari sekaang menjerit meminta kasih, meminta sayang...dan ternyata dia lah kasih ku, dia lah putri bintang ku yang cantik, dia lah anakku tersayang

tapi hati ini masih kurang kuat untuk menjalani rusaknya jalan didepan sana, hati ini masih ragu untuk tetap memutar roda jalanan ini...takut...takut...tiba-tiba terpeleset kedalam lembah hina. disaat itulah tangan lembutnya menggapai dada ini, kesabaranya dalam sulit telah menempanya menjadi super...ya, aku katakan super karena dia membuat gemuruh ombak dalam hati ini tetap berderu, bara yang hampir habis dalam kayu lapuk di hati ini pun tetap ditiup agar tidak mati juga, agar tetap ada cahaya walau sekecil bara dalam hati ini.
tangan lembutnya mampu membuat serangkai kata menjadi tamparan keras di pipi sebagai pengingat bahwa ini salah dan itu salah, tapi dengan kerasnya jari jemarinya dapat mengisi kekosongan dalam dadaku dialah istriku tercinta.

mereka lah yang telah membuat hidup ini tetap hidup, terimakasih anakku, terimakasih istriku kalianlah jiwa penggerak badan ini.
maaf jika tak ada yang dapat kulakukan untukmu, hanya meminta dan menuntut...itu yang aku bisa.

lanjuut...

Semut 'tergelincir'....????



Sangat menjengkelkan memang jika makanan yang kita taruh diatas meja beberapa lama sudah di ‘serang’ oleh semut apalagi kecoa. Berbagai cara sudah kita lakukan dari membatasi kaki meja kita dengan kapur khusus pengusir semut sampai menyemprotnya dengan racun serangga, tapi semuanya hanya bertahan beberapa hari saja, setelah efeknya menghilang maka semut atau kecoa akan kembali lagi…wah jadi pusing.

Ada satu penemuan baru yang diperoleh secara ‘kebetulan’ oleh ilmuwan dari Cambridge University yang mungkin bisa menjadi solusi kita dimasa yang akan datang mengenai masalah serangga khususnya semut dan kecoa yang memang sangat akrab dengan kehidupan manusia. Para ilmuwan tersebut yang sedang meneliti tentang bagimana serangga atau semut bisa menempel dengan kuat pada dinding yang vertikal sambil membawa beban yang berat serta pada bahan apapun yang dilaluinya mulai dari kayu, tembok dengan lapiasn cat bahkan hampir semua bahan buatan ataupun alami bisa mereka lalui menemukan bahwa kemampuan mereka itu berkat cairan emulsi yang dihasilkan di bagian bawah kaki mereka. Emulsi ini terdiri dari campuran minyak dan air, yang mirip dengan fla puding atau saus. Dengan kemampuan yang hebat dari ‘hama’ itu, dapat menyebabkan banyak kerusakan dirumah, ladang serta untuk kesehatan kita.

Dari data itu semua mendorong para ilmuwan untuk meneliti lebih lanjut untuk menemukan bahan yang dapat menghilangkan air dalam emulsi tersebut sehingga bisa membuat semut ‘tergelincir’ karena hanya ada cairan minyak pada kakinya.

Jan-Henning Dirks dan professor pembimbing Dr Christofer Clemente, serta Dr Walter Federle melakukan percobaan dengan melapisi permukaan benda dengan berbagi macam bahan untuk menguji kemampuan menempel serangga, kemudian tejadi sebuah kesalahan dalam uji coba itu pada bahan yang dilapisi kemudian dengan inisiatif ‘daripada dibuang’,maka mereka melakukan uji pada sampel kesalahan tadi dibawah mikrioskop dan hasilnya…jreeeng…akhirnya semut uji tersebut ‘meleset’ dari bahan tersebut. Beberapa serangga langsung melakukan ‘Test Drive’ dan hasilnya tetap sama mereka terkilir…eh…terpeleset berkat cairan itu. ( jadi semut gak bisa naik keatas meja lagi dong…asyikk )

Dari itu semua maka para ilmuan menyimpulkan bahwa bahan yang mereka temukan ini akan mempunyai efek yang sama pada semua jenis serangga karena setiap serangga menghasilkan emulsi yang sama pada kaki mereka.

Tapi kita harus sabar dulu untuk menggunakannya, pasalnya para ilmuan itu sedang mencari kolega bisnis untuk memproduksi cairan itu secara masal dan mereka mengklaim bahwa cairan tersebut tidak beracun dan bisa dipakai pada dinding furniture, pipa ventilasi, tempat makanan, dan botol bayi serta tahan lama.
Kita tunggu saja, semoga secepatnya diproduksi secara masal. Untuk nama cairan tersebut mereka masih merahasiakannya…jadi ya tunggu lagi deh…


lanjuut...

11 November, 2009

Ustad Jeffry Al Buchori


Jeffry Al Buchori memiliki nama populer Uje (lahir Jakarta, 12 April 1973) adalah seorang pendakwah atau ustad yang tampil dengan mengemas bahasa dakwahnya dengan bahasa-bahasa anak muda. Sehingga ustad Uje kerap juga dipanggil sebagai ustad gaul.
Jefri anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Alm. H. Ismail Modal dan Ustz Dra. Hj. Tatu Mulyana ini sejak kecil telah mendapat pendidikan Islam yang kuat. Hal ni terbukti saat duduk di bangku sekolah kelas 3-5 SD meraih prestasi MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) sampai tingkat provinsi. Setelah lulus SD, bersama kedua kakaknya, Alm. Ust. H. Abdullah Riyad dan Ust. H. Aswan Faisal, bersekolah di Pondok Pesantren Daar el-Qolam Gintung, Jayanti Tangerang.

Namun selama di pesantren, Uje terbilang nakal. Seringkali saat teman-temannya menunaikan salat, ia diam-diam tidur atau kabur dari pesantren untuk main dan nonton di bioskop. Sampai akhirnya Uje dikeluarkan dari pesantren tersebut yang sempat dikecapnya selama 4 tahun dari 6 tahun yang harus dijalani. Setelah itu, Uje dipindahkan ke Madrasah Aliyah (MA, setingkat SMA). Bukannya bertambah baik, kenakalan Uje justru bertambah.

Apalagi setelah lulus di tahun 1990 dan kuliah di akademi broadcasting, kenakalan Uje tak berkurang. Dia bergaul dengan pemakai narkoba dan sering dugem. Bahkan Uje akhirnya tak menyelesaikan kuliah. Pada tahun 1991, Uje pernah menjadidancer di salah satu club. Uje juga sering nongkrong di Institut Kesenian Jakarta. Di kala para pemain sinetron sedang latihan, kadang-kadang Uje menggantikan salah satunya. Ia pun ikut casting dan mendapat peran. Salah satu sinetron yang sempat dibintanginya adalah Pendekar Halilintar. Bahkan Uje pernah dinobatkan sebagai pemeran pria terbaik dalam Sepekan Sinetron Remaja yang diadakan TVRI pada 1991.

Uje bertemu dengan Pipik Dian Irawati, seorang model gadis sampul majalah Aneka tahun 1995 asal Semarang, Jawa Tengah. Saat itu, Uje masih berstatus sebagai pemakai. Meski demikian, hal itu tidak menghalangi Pipik yang bersedia dinikahi secara siri pada 7 September 1999. Dua bulan kemudian mereka menikah resmi di Semarang. Pernikahannya dengan Pipik ini dikaruniai tiga orang anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro.

Hal yang menyadarkan Uje dari kehidupan semu adalah saat dirinya diajak umroh oleh ibu dan kakaknya. Sebagai awal dari usaha pertaubatan, Uje mendapat amanah dari kakak tertuanya alm. Ust. H. Abdullah Riyad, untuk melanjutkan dakwah kakaknya di Jakarta. Sebab alm Ust. H. Abdullah Riyad mendapatkan kepercayaan dari MUIS (Majlis Ugame Islam Singapura) untuk menjadi Imam besar di Masjid Haji Mohammad Soleh, bersebelahan dengan Maqam Habib Nuh Al Habsyi, Palmer Road, Singapura. Uje berdakwah pertama kali di sebuah masjid di Mangga Dua. Pipik Dian Irawati, istrinya, menuliskan teks dakwah yang mesti disampaikan saat itu. Hasilnya, honor ceramah sebesar Rp 35.000 dia bawa pulang dan langsung diberikan kepada istrinya.

Dari situlah Uje mulai berdakwah lewat majelis taklim, mushola, masjid, dan perlahan-lahan bisa seperti sekarang ini, dikenal oleh masyrakat banyak dikagumi oleh seluruh kalangan. Selain itu Uje, juga menyampaikan dakwahnya dalam bentuk lagu-lagu Islami, debut albumnya, Lahir Kembali diluncurkan 2006 lalu. Beberapa lagu diciptakannya sendiri dan dinyanyikan bersama penyanyi lagu-lagu religius muslim, seperti Opick, bahkan pernah berkolaborasi dengan grup band Ungu dalam mini album Ungu bertajuk Para Pencari-Mu .

Sumber : Wikipedia

lanjuut...

Air Kelapa yang segar dan sehat


Siapa sih yang gak tahu buah kelapa yang banyak manfaatnya dari akar, batang, buah sampai ujung daun, juga bisa membuat badan kita segar dikala siang menyengat dengan minum es kelapa muda. Khusus membahas manfaat dari buah kelapa selain untuk membuat minyak kelapa ( Virgin Coconut Oil ), ternyata air dari kelapa tadi juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi minuman yang menyehatkan kita, jadi jangan langsung dibuang tuh air kelapanya, sayang….melimpah jumlahnya juga melimpah manfaatnya, ini nih diantaranya manfaat yang akan kita dapat :

- Air kelapa ternyata lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.

- Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.


- Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

- Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

- Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

- Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa.

- Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium .

Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung.
Jadi mulai sekarang, perbanyaklah memanfaatkan air kelapa itu. Dari pada dibuang, terus dari pada minum minuman elektrolit yang terbuat dari bahan kimia pabrikan mendingan air kelapa, segar nikmat dan alami tentunya.
lanjuut...

10 November, 2009

Cara Mencari Arah Kiblat


Arah kiblat menjadi prasyarat menjalankan ibadah shalat. Di mana pun umat Islam menjalankan ritual keagamaan itu, mereka harus berkiblat ke Kabah di Mekkah. Penentuan arah kiblat tentu tak masalah bagi mereka yang berada di dekat Kabah. Bagaimana memastikannya jika berada jauh dari tempat suci itu?
Beberapa waktu lalu di internet muncul tulisan Usep Fathudin, mantan Staf Khusus Menteri Agama, yang mengungkap beragam arah kiblat masjid-masjid di Jakarta. Kesahihan kiblat suatu masjid, menurutnya, perlu dicapai sebelum masjid dibangun. Hal itu karena pergeseran 1 sentimeter saja bisa berarti 100 kilometer penyimpangan jaraknya.
Meskipun begitu, menurutnya, akurasi arah kiblat 100 persen memang tidak diwajibkan dalam shalat, seperti tersebut dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 144, yang memerintahkan untuk shalat ke arah kiblat. ”Kata-kata ’ke arah’ ditafsirkan sebagai usaha maksimal mengarahkan shalat kita ke Kabah di Mekkah,” urainya.
Walaupun begitu, upaya untuk mendekati ketepatan arah ke kiblat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Usep menyebutkan, penentuan arah kiblat Masjid Al Mukhlishun di Griya Depok Asri, Depok Tengah, yang berdiri tahun 2001, menggunakan suatu kompas kecil berbahasa Inggris, dengan tulisan Latin dan Arab.
Pada alat penunjuk arah itu tertulis bahwa untuk Jakarta dan sebagian besar kota di Indonesia, arah utara jarum kompas harus menunjuk angka 9 sebagai arah kiblat.
Kenyataannya, survei arah kiblat yang dilakukannya di berbagai masjid besar di Jakarta memperlihatkan, kompas yang digunakannya menunjuk arah yang berbeda-beda di tiap tempat ibadah itu, berkisar dari 7,5 hingga 9.
Penentuan arah kiblat yang dipakai umumnya mengacu pada arah utara geografis sebenarnya, yang memakai arah kompas atau jarum magnetik yang disebut ”pencari arah Kabah”. Arah jarum magnetik di kompas mengarah berdasarkan kutub magnetik Bumi di kutub utara.
Ternyata arah utara magnetik Bumi itu berbeda di tiap kota dari waktu ke waktu. Hal ini dipengaruhi oleh rotasi Bumi. Penelitian menunjukkan arah utara magnetik terus bergeser sekitar 4,8 kilometer per tahun. Pada tahun 2005 pergeserannya mencapai 800 kilometer dari kutub utara sebenarnya. Pada 2050 diperkirakan utara magnetik Bumi mendekati Siberia.

Qibla Locator
Penggunaan kompas sebagai penunjuk arah kiblat belakangan memang dianggap kurang akurat. Belakangan diperkenalkan peranti lunak Qibla Locator yang termuat dalam situs web http://www.qiblalocator.com.
Qibla Locator atau penunjuk arah kiblat antara lain dirancang oleh Ibn Mas’ud dengan menggunakan peranti lunak aplikasi Google Maps API v2, sejak tahun 2006. Pengembangan tampilan dan aplikasinya kemudian melibatkan Hamed Zarrabi Zadeh dari Universitas Waterloo di Ontario, Kanada.
Pada Qibla Locator versi Beta seri 0.8.7 itu dilengkapi dengan geocoding dari Yahoo, pengontrol arah pada citra peta, dan indikator tingkat pembesaran. Hingga September 2007 dihasilkan empat versi Beta dengan beberapa aplikasi tambahan, Geocoder, dan tampilan jarak.
Dengan Qibla Locator yang berbasis Google Earth ini dapat diketahui arah kiblat dari mana pun kita berada. Untuk mengetahuinya, di bagian atas situs itu ada kotak untuk memasukkan lokasi, alamat atau nama jalan, kode pos, dan negara atau garis lintang dan garis bujur.
Maka di sisi kanan gambar peta akan muncul besaran arah kiblat atau kabah dan jaraknya dari posisi lokasi yang kita masukkan. Peranti lunak ini, menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sangat membantu guna mengecek arah kiblat secara akurat. ”Ini bisa untuk koreksi massal masjid-masjid di Indonesia,” katanya.

Bayangan matahari
Thomas, pakar astronomi dan astrofisika, mengemukakan bahwa ada penentuan arah kiblat yang menggunakan bayangan Matahari. Sekitar tanggal 26-30 Mei pukul 16.18 WIB dan 13-17 Juli pukul 16.27 WIB Matahari tepat berada di atas kota Mekkah.
Pada saat itu Matahari yang tampak dari semua penjuru Bumi dapat dijadikan penunjuk lokasi Kabah. Begitu pula bayangan benda tegak pada waktu itu juga dapat menjadi menentu arah ke kiblat.
Selain itu untuk daerah yang tidak mengalami siang, sama dengan Mekkah, waktu yang digunakan adalah saat Matahari di atas titik yang diametral dengan Mekkah. Waktu yang dapat dijadikan patokan penunjuk kiblat untuk wilayah tersebut adalah Matahari pada tanggal 12 hingga 16 Januari pukul 04.30 WIB dan 27 November hingga 1 Desember pukul 04.09 WIB.
Cara ini menurutnya paling mudah untuk mengoreksi arah kiblat, termasuk untuk garis saf di dalam masjid. Begitu mudah sehingga orang awam pun dapat melakukannya.





Sumber : Kompas.com
lanjuut...

Terselip Koin Rp 50 di Antara Emas Kuno Candi Gedongsongo


Ada yang lumayan unik di antara temuan lempengan emas, manik-manik, serta lingga dari emas dan yoni dari perak di candi ke-4 Kompleks Candi Gedongsongo, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di antara temuan di luar kotak pripih, selain ada lempengan emas, bunga lotus dari emas, mata uang China kuno, ada pula terselip uang logam Rp 50 keluaran 1971.

Temuan tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu kotak pripih dari batu putih yang isinya 49 lempengan emas, sekitar 30 manik-manik, rambut, lingga dari emas 22 karat dengan berat 25 gram, serta yoni dari perak dengan berat 2,95 gram. Adapun di antara tembok

candi itu ditemukan dua lotus emas, mata uang kuno China, liontin emas, dan ternyata terselip uang Rp 50.

"Pripih itu kondisinya memang belum terjamah. Namun, yang di bagian tembok candi itu sepertinya sudah terjamah tangan jahil manusia," kata Wagiyo (50), petugas teknis Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah yang masih memugar candi itu, Jumat (27/2).

Perhiasan emas tersebut diperkirakan setua Candi Gedongsongo yang dibuat pada abad VIII. Pertanyaannya, apakah temuan koin Rp 50 ini kebetulan saja. Atau perhiasan dan barang-barang dari emas tersebut memang sudah ditemukan seseorang sebelumnya?

Sumber : Kompas.com

lanjuut...

09 November, 2009

9 Pedang Nabi Muhammad SAW

Buat membayar janji saya pada postingan sebelumnya ‘Tahukah Anda..??’ maka sekarang saya post tentang 9 pedang Nabi Muhammad, Copas sih dari http://www.usna.edu , tapi gak apa-apa lah buat nambah pengetahuan kita and buat nambah kecintaan kita pada Nabi Muhammad SAW

Ini adalah pedang-pedang yang pernah dipakai oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya untuk berdakwah, jumlah total pedang yang pernah digunakan ada 9 buah.

1. Al Ma’thur


Juga dikenal sebagai ‘Ma’thur Al-Fijar’ adalah pedang yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW sebelum dia menerima wahyu yang pertama di Mekah. Pedang ini diberi oleh ayahnya, dan dibawa waktu hijrah dari Mekah ke Medinah sampai akhirnya diberikan bersama-sama dengan peralatan perang lain kepada Ali bin Abi Thalib.
Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 99 cm. Pegangannya terbuat dari emas dengan bentuk berupa 2 ular dengan berlapiskan emeralds dan pirus. Dekat dengan pegangan itu terdapat Kufic ukiran tulisan Arab berbunyi: ‘Abdallah bin Abd al-Mutalib’.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

2. Al Adb



Al-’Adb, nama pedang ini, berarti “memotong” atau “tajam.” Pedang ini dikirim ke para sahabat Nabi Muhammad SAW sesaat sebelum Perang Badar. Dia menggunakan pedang ini di Perang Uhud dan pengikut-pengikutnnya menggunakan pedang ini untuk menunjukkan kesetiaan kepada Nabi Muhammad SAW. Sekarang pedang ini berada di masjid Husain di Kairo Mesir.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

3.Dhu Al Faqar



Dhu Al Faqar adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan pada waktu perang Badr. Dan dilaporkan bahwa Nabi Muhammad SAW memberikan pedang ini kepada Ali bin Abi Thalib, yang kemudian Ali mengembalikannya ketika Perang Uhud dengan bersimbah darah dari tangan dan bahunya, dengan membawa Dhu Al Faqar di tangannya. Banyak sumber mengatakan bahwa pedang ini milik Ali Bin Abi Thalib dan keluarga. Berbentuk blade dengan dua mata.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

4.Al Battar



Al Battar adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan dari Banu Qaynaqa. Pedang ini disebut sebagai ‘Pedangnya para nabi‘, dan di dalam pedang ini terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi : ‘Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW’. Di dalamnya juga terdapat gambar Nabi Daud AS ketika memotong kepala dari Goliath, orang yang memiliki pedang ini pada awalnya. Di pedang ini juga terdapat tulisan yang diidentifikasi sebagai tulisan Nabataean. Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 101 cm. Dikabarkan bahwa ini adalah pedang yang akan digunakan Nabi Isa AS kelak ketika dia turun ke bumi kembali untuk mengalahkan Dajjal.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).
gambar ukiran nama-nama para nabi di dalamnya :




gambar Nabi Daud AS memenggal kepala Goliath:



5.Hatf



Hatf adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan dari Banu Qaynaqa. Dikisahkan bahwa Nabi Daud AS mengambil pedang ‘Al Battar’ dari Goliath sebagai rampasan ketika dia mengalahkan Goliath tersebut pada saat umurnya 20 tahun. Allah SWT memberi kemampuan kepada Nabi Daud AS untuk ‘bekerja’ dengan besi, membuat baju baja, senjata dan alat perang, dan dia juga membuat senjatanya sendiri. Dan Hatf adalah salah satu buatannya, menyerupai Al Battar tetapi lebih besar dari itu. Dia menggunakan pedang ini yang kemudian disimpan oleh suku Levita (suku yang menyimpan senjata-senjata barang Israel) dan akhirnya sampai ke tangan Nabi Muhammad SAW. Sekarang pedang ini berada di Musemum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade, dengan panjang 112 cm dan lebar 8 cm.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

6.Al Mikhdham



Ada yang mengabarkan bahwa pedang ini berasal dari Nabi Muhammad SAW yang kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib dan diteruskan ke anak-anaknya Ali. Tapi ada kabar lain bahwa pedang ini berasal dari Ali bin Abi Thalib sebagai hasil rampasan pada serangan yang dia pimpin di Syria. Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 97 cm, dan mempunyai ukiran tulisan Arab yang berbunyi: ‘Zayn al-Din al-Abidin’.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

7.Al Rasub



Ada yang mengatakan bahwa pedang ini dijaga di rumah Nabi Muhammad SAW oleh keluarga dan sanak saudaranya seperti layaknya bahtera (Ark) yang disimpan oleh bangsa Israel.
Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 140 cm, mempunyai bulatan emas yang didalamnya terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi: ‘Ja’far al-Sadiq’.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

8.Al Qadib




Al-Qadib berbentuk blade tipis sehingga bisa dikatakan mirip dengan tongkat. Ini adalah pedang untuk pertahanan ketika bepergian, tetapi tidak digunakan untuk peperangan. Ditulis di samping pedang berupa ukiran perak yang berbunyi syahadat: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad Rasul Allah – Muhammad bin Abdallah bin Abd al-Mutalib.” Tidak ada indikasi dalam sumber sejarah bahwa pedang ini telah digunakan dalam peperangan. Pedang ini berada di rumah Nabi Muhammad SAW dan kemudian hanya digunakan oleh khalifah Fatimid.
Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Panjangnya adalah 100 cm dan memiliki sarung berupa kulit hewan yang dicelup.
Foto diambil oleh Muhammad Hasan Muhammad al-Tihami, Suyuf al-Rasul wa ‘uddah harbi-hi (Cairo: Hijr, 1312/1992).

9.Qal’a

Pedang ini dikenal sebagai “Qal’i” atau “Qul’ay.” Nama yang mungkin berhubungan dengan tempat di Syria atau tempat di dekat India Cina. Ulama negara lain bahwa kata “qal’i” merujuk kepada “timah” atau “timah putih” yang di tambang berbagai lokasi. Pedang ini adalah salah satu dari tiga pedang Nabi Muhammad SAW yang diperoleh sebagai rampasan dari Bani Qaynaqa. Ada juga yang melaporkan bahwa kakek Nabi Muhammad SAW menemukan pedang ini ketika dia menemukan air Zamzam di Mekah.
Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 100 cm. Didalamnya terdapat ukiran bahasa Arab berbunyi: “Ini adalah pedang mulia dari rumah Nabi Muhammad SAW, Rasul Allah.” Pedang ini berbeda dari yang lain karena pedang ini mempunyai desain berbentuk gelombang.
lanjuut...
 

My Best Friend

Recent Comment