. Sang Sufi Yang Lucu
..:: TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KOMENTARNYA YA...ATAU TINGGALKAN JEJAK DI BUKU TAMU ::..

26 Oktober, 2009

Sang Sufi Yang Lucu


suatu ketika seorang anak kecil berjalan ke luar kota dengan ayahnya membawa seekor keledai.
anak yang masih kecil tersebut disuruh ayahnya menaiki keledai karena perjalanya jauh.
tiba disuatu kampung berjalanlah mereka melewati segerombol penduduk kampung.
melihat seorang anak dan ayahnya itu para penduduk kampung menyindir mereka "dasar anak tidak berbakti kepada orang tua, masa ayahnya disuruh jalan sedangkan dia sendiri bersantai-santai naik keledai!! anak durhaka!!"

tentu saja kemudian anak itu turun dan ganti ayahnya yang menaiki keledainya. tiba disuatu kampung mereka melewati sejumlah penduduk lagi. kali ini penduduk di kampung tersebut berkomentar "dasar orang tua tak punya otak, masa anak sekecil itu disuruh berjalan sedangkan dia sendiri bertengger di atas keledai".
kontan saja sang ayah malu mendengarnya, kemudian akhirnya mereka berdua yang menaiki keledai menuju kota berikutnya.

sesampainya di kota berikutnya mereka mendengar lagi gunjingan orang-orang yang dilaluinya "ayah anak sama aja.. gak punya rasa kasihan . keledai seperti itu dinaiki berdua!!"


berpikir sejenak akhirnya sang ayah memutuskan untuk berjalan kaki dengan anak tersebut seraya menggotong keledai mereka.
tiba di kota selanjutnya mereka mendengar lagi gunjingan dari para penduduk kota tersebut.
"bodoh!! punya keledai malah di gotong...gak dinaikin..!!"

"beginilah nak kalau kita menuruti kemauan semua orang", kata sang ayah pada anaknya.
siapakah mereka..? dia adalah Nasrudin Hoja dan ayahnya

Nasrudin Hoja adalah seoarang sufi dan ulama besar turki yang dilahirkan pada 1208 di desa Hortu (sekarang disebut Nasreddin Hoca Koyu) bagian dar Sivrihisar dan meninggal 1284 di Aksehir setelah hijrah kesana. setiap tingkah laku dan perkataanya selalu mengundang gelak tawa bagi semua orang dari dahulu hingga sekarang bahkan sang guru pernah ber-nubuat bahwa kelak ketika Nasrudin sudah dewasa, maka ia akan menjadi orang bijak.tapi, sebijak apapun kata-katanya maka orang akan menertawakannya...
meskipun lucu, sosok Nasrudin yang dikenal oleh masyarakat duina ini terutama masyarakat muslim selalu menyajikan kisah-kisah yang sarat dengan makna filosofis dan sufistik. banyak orang yang menyangkut pautkan nama Nasrudin Hoja dengan Abu Nawas akan tetapi sebenarnya mereka itu adalah orang yang berbeda.
masih banyak cerita lucu dan penuh hikmah dari Nasrudin Hoja tapi nanti aja di bahasnya soalnya kalo disini pasti kebanyakan...hehe..tunggu di post selanjutnya

Source Image : Republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Komentar Dari anda untuk mempererat persaudaraan kita...
saran, kritik dan spam akan saya anggap sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi kita
Terimakasih

 

My Best Friend

Recent Comment